Hari Sumpah Pemuda 2021: Bersatu, Tumbuh, dan Bangkit

Puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-93 Tahun 2021 digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga di di Auditorium TVRI, Jakarta, Kamis (28/10). Hari Sumpah Pemuda ke-93 mengangkat tema “Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh”.

Acara ini turut dihadiri secara virtual oleh Presiden Joko Widodo, Ketua DPR, Ketua MPR, Ketua DPD RI, Menteri Kabinet Indonesia Maju, para Kepala Daerah, dan Pimpinan Organisasi Kepemudaan. Hadir pula para mantan Menpora antara lain Agung Laksono, Adhyaksa Dault, dan Roy Suryo.

Menurut Menpora Zainudin Amali, tema “Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh” ini diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, terutama untuk kalangan pemuda.

“Tema ini bagi pemuda menjadi penting karena di tangan pemudalah kita berharap Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi covid-19 dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” harap Menpora Zainudin Amali.

Sejarah membuktikan bahwa persatuan pemuda telah banyak berjasa bagi tercapainya kemerdekaan Bangsa Indonesia. Persatuan pemuda di masa sekarang menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia dan tetap eksisnya bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

“Momentum Hari Sumpah Pemuda yang kita peringati hari ini harus mampu menjadi perekat persatuan kita sebagai bangsa, untuk bersama-sama bangkit melawan pandemi serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh  melalui kewirausahaan pemuda,” tambahnya.

Di bagian lain, dalam sambutannya, Presiden Jokowi menjelaskan akar sejarah persatuan bangsa dan peran serta pemuda yang melahirkan Sumpah Pemuda.

''93 tahun lalu pemuda berikrar untuk Indonesia yang satu. Bukan karena keseragaman, melainkan keberagaman. Bukan karena budaya yang sama, melainkan tekad yang sama. Suku, Bahasa, Warna Kulit bahkan agama yang berbeda, bukan halangan untuk membangun satu indonesia,'' ungkap Presiden Jokowi.

Untuk itu, Presiden Jokowi mengajak kaum muda untuk bersatu, bangkit dan tumbuh bersama menuju Indonesia Maju.  Indonesia harus kuat bersatu, khususnya dalam menghadapi dunia yang sedang berubah, dari era analog ke era digital.

BPKP Pusat dan seluruh unit kerjanya, termasuk Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur turut mengikuti acara Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda tersebut secara daring. Para Pejabat Struktural, Korwas dan pegawai yang dibatasi jumlahnya, mengikuti acara tersebut di Ruang Aula, mulai acara yang digelar oleh Kemenpora sampai acara yang diselenggarakan oleh BPKP Pusat.