Ganjar Pranowo Kukuhkan Salamat Simanullang sebagai Kepala Perwakilan BPKP Jawa Tengah

Selain memberikan ucapan selamat kepada pejabat yang baru, Ganjar Pranowo menekankan perlunya peran BPKP Jawa Tengah untuk melakukan pendampingan kepada jajaran pemerintah daerah di Jawa Tengah dalam mengelola keuangan, khususnya dalam penyusunan laporan keuangan. Dari 36 Pemda se-Jawa Tengah yang telah menyusun laporan keuangan tahun 2018, 35 diantaranya telah mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan. “Tinggal satu Pemda lagi yang belum. Saya minta BPKP untuk mendampingi secara khusus,” demikian ungkap Ganjar. Ia juga mengharapkan agar Pemda ikut mendorong diterapkannya Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) secara baik.

Acara sertijab dihadiri pula oleh Kepala BPKP yang diwakili Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara, Bonny Anang Dwijanto. Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara, Kepala BPKP antara lain menyatakan, pemerintah memiliki komitmen yang tinggi terhadap penyelenggaraan pembangunan secara berkualitas dan akuntabel berlandaskan dua pilar akuntabilitas, yakni peningkatan maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Pemerintah menargetkan kedua hal tersebut mencapai level tiga pada akhir tahun 2019. “Di Jawa Tengah, terdapat 25 Pemda yang maturitas SPIP-nya sudah mencapai level tiga. Hal itu menunjukkan sudah terbangunnya infrastruktur pengendalian dan implementasinya, serta terdokumentasi dengan baik,” kata Bonny.

Bonny menambahkan, selain melalui SPIP, akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan juga dibangun melalui pelaksanaan peran pengawasan intern yang optimal oleh APIP. “APIP diharapkan dapat menjadi mitra bagi pengambil kebijakan dalam mengidentifikasi risiko strategis dan menyusun langkah untuk memitigasi risiko tersebut,” imbuh Bonny.

Turut hadir dalam acara sertijab, Ketua DPRD Jawa Tengah, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Kapolda Jawa Tengah, Pangdam IV Diponegoro, Kepala Perwakilan BPK RI, Bupati/Walikota dan para Pimpinan Instansi Vertikal/Lembaga Pemerintah di wilayah Jawa Tengah, serta Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dan jajaran Forkompinda Jawa Tengah. Acara sertijab diakhiri dengan pemberian ucapan selamat. (Humas BPKP Jateng-Ard/Din)