BPKP Pabar Kawal Akuntabilitas Keuangan BumDesa

Oransbari (13/09)- Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat yang dipimpin oleh Koordinator Pengawasan Bidang Akuntan Negara Barlian Fransiskus Saragih, melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Laporan Keuangan BUMDesa dengan menggunakan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) BUMDesa bagi Kelompok Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) di Kabupaten Manokwari Selatan Provinsi Papua Barat. BUMDesa merupakan lembaga usaha desa yang dikelolah oleh masyarakat dan pemerintah desa/kampung dalam upaya memperkuat perekonomian desa/kampung dan di bentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari mulai tanggal 13-17 September 2021 di Distrik Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Manokwari Selatan Yesaya Tuhepary mewakili Bupati Manokwari Selatan membuka acara bimtek ini. Dalam sambutannya, ia menyampaikan sudah terbentuk 19 BUMDesa di Kabupaten Manokwari Selatan yang sebagian besar sudah berdiri dan berjalan sejak tahun 2017 hingga 2019 dengan berbagai jenis usaha seperti toko sembako, simpan pinjam, pengepul hasil pertanian dan perkebunan, sewa ruko, dan alat angkutan masyarakat. Harapannya BUMDesa di Kabupaten Manokwari Selatan dapat segera menyusun laporan keuangan BUMDesa secara tertib dan akuntabel sebagai bentuk pertanggungjawaban pengurus.

Tak hanya itu, Yesaya juga meminta bantuan kepada Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat untuk terus mengawalnya agar terus maju dan berkembang usahanya.

(Kominfo BPKP Pabar)