Seremonial Pengisian Awal Bendungan Tapin di Kabupaten Tapin Oleh Dirjen Sumber Daya Air

Pada hari Jumat (9/10), Korwas Bidang Instansi Pemerintah Pusat, Abror Umar, menghadiri acara “Seremonial Pengisian Awal Bendungan Tapin di Kabupaten Tapin  Oleh Dirjen Sumber Daya Air.”

Acara ini dihadiri oleh Direktur Bendungan dan Danau Kementerian PUPR, Bupati Tapin, Staf Ahli Gubernur Kalimantan Selatan, Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan II, Kapolres Tapin,  Dandim Rantau, Tokoh masyarakat adat dan para undangan lainnya.

Pembangunan Bendungan Tapin merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dimulai sejak tahun 2015. Bendungan Tapin dapat memasok air irigasi hingga 5.472 hektar dengan kapasitas potensi air baku sebanyak 500 liter/detik bagi masyarakat di Kabupaten Tapin dan sekitarnya.

Selama proses pembangunan Bendungan Tapin, BPKP Perwakilan Kalimantan Selatan, turut serta dalam melakukan pengawasan melalui Reviu PSN yang dilakukan secara triwulan dan Reviu Pengadaan Tanah.

Bupati Tapin, HM Arifin Arpan, sangat mengapresiasi atas selesainya pembangunan Bendungan Tapin dan berharap masyarakat sekitar pembangunan  mampu menjaga dan memelihara secara bersama-sama.