BPKP JAMBI DAN KPK TINGKATKAN KOORDINASI PEMBERANTASAN KORUPSI TERINTEGRASI

Perwakilan BPKP Provinsi Jambi menerima kunjungan kerja dari Satgas Korsupgah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu (24/4). Kunjungan tersebut dalam rangka koordinasi pencegahan Korupsi di Provinsi Jambi.

Dalam kesempatan tersebut Kasatgas Korsupgah I. 3 KPK Harun Hidayat didampingi PIC korsupgah Wilayah Jambi Surya Wiharsa dan PIC korsupgah Wilayah Bengkulu Much. Soffan menyampaikan rencana kerjasama dalam penilaian capaian Monitoring Center for Prevention (MCP) dengan melakukan monitoring capaian kinerja program pencegahan korupsi melalui perbaikan tata kelola pemerintah pada 12 Pemda dan memperkuat APIP Daerah wilayah Provinsi Jambi. Salah satu programnya adalah upaya peningkatan auditor APIP melalui penyelenggaraan diklat.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi Sueb Cahyadi menjelaskan bahwa BPKP Jambi telah melakukan berbagai upaya pencegahan korupsi di Provinsi Jambi baik melalui Evaluasi Perencanaan Penganggaran Pemerintah Daerah, pengawasan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemda, penguatan maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi Pemda dan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Daerah serta membantu Aparat Penegak Hukum (APH) dalam pelaksanaan Audit Penghitungan Kerugian Keuangan Negara (PKKN) dan Program Kerja Audit (PKA).

Sueb Cahyadi yang didampingi Kepala Bagian Umum Siswo Raharjo, Korwas Investigasi Ety Farida dan Korwas P3A Mohammad Allin serta beberapa Pengendali Teknis juga menyampaikan kesiapannya untuk bekerjasama dengan KPK. Dalam waktu dekat KPK dan BPKP Jambi akan mengadakan pelatihan bagi Auditor APIP.