Exit Meeting Assessment GCG PT Perkebunan Nusantara I

Pada kesempatan ini direksi PTPN I, Irvan Edison mengucapkan terimakasih atas penilaian GCG di PTPN I dan sekaligus memberikan apresiasi atas kerjasama yang sudah berjalan sudah baik saat ini dan berjanji kedepan untuk meningkatkan kerjasama dan mengajukan permohonan bantuan BPKP Aceh untuk meningkatkan kinerja PTPN I.

Pada kesempatan tersebut, Indra dalam pengantarnya mengharapkan agar nilai GCG yang sudah mencapai 81,9 dari skor maksimal 100 atau berkategori baik sudah menjadi modal yang sangat besar untuk peningkatan kinerja dan optimalisasi pendapatan PTPN yang saat ini belum optimal. Adapun dalam arahannya, Indra menekankan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian direksi yaitu meningkatkan media kendali gratifkikasi dan mengaktifkan whistle blowing system (system pelaporan pelanggaran).

Indra juga mengingatkan dari sisi dewan komisaris agar lebih konsen atas pengendalian rencana jangka panjang perusahaan serta lebih maksimal dalam memberikan arahan – arahan kepada direksi agar tatakelola menjadi lebih baik. Disisi direksi, Indra mengharapkan agar lebih keras lagi menyusun strategi yang efektif agar pencapaian target yang ditetapkan oleh pemegang saham dapat dicapai dengan baik melalui kolaborasi dan sinergi yang lebih kuat lagi dengan dewan komisaris dan organ pendukung lainnya.

Apa yang disampaikan kaper tersebut disambut positif oleh Direktur SDM PTPN III, Wing Antariksa selaku pemegang saham yang menyatakan bahwa sinergisitas dan strategi yang optimal dengan bingkai integritas akan membuat PTPN I punya masa depan yang lebih baik sebagaimana yang selalu diarahkan oleh Menteri BUMN. Turut disampaikan hasil penilaian dan analisis 43 indikator dan 153 parameter yang didalamnya terdapat pencapaian yang sudah diperoleh PTPN I dan hal-hal yang perlu menjadi perhatian baik ditingkat komisaris, dewan direksi, dan pemegang saham dimana semua hasil penilaian tersebut telah mendapat persetujuan dan komitmen untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh dewan direksi PTPN I.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)