Lanjutkan Sinergi, Kakanwil DJPb Kalbar Sowan ke BPKP Kalbar

.

PONTIANAK (19/10) – Kakanwil DJPb Kalbar Imik Eko Putro yang baru dilantik pada minggu pertama  Oktober lalu, sambangi Kaper BPKP Kalbar Dikdik Sadikin guna melanjutkan sinergi yang telah baik selama ini. Selain itu, Kakanwil DJPb Kalbar juga mengingatkan untuk mempertahankan prestasi kinerja anggaran BPKP Kalbar.

“Sinergi antara Kanwil DJPb Kalbar dan BPKP Perwakilan Kalbar selama ini telah terjalin dengan baik. Yang saya ketahui, bersama Kakanwil DJPb sebelumnya Pak Edih Mulyadi, koordinasi telah berjalan demikian baik. Seperti kunjungan bersama ke daerah yang memerlukan peningkatan tata kelola antara lain mengunjungi Pemda yang belum memperoleh opini WTP atas LKPD-nya. Juga koordinasi untuk peningkatan pengelolaan keuangan desa se-Kalbar dalam video conference. Maka, kehadiran saya di sini, tidak lain, adalah untuk melanjutkan dan estafet sinergi antara Kanwil DJPb Kalbar dan BPKP Kalbar. Sehingga kinerja anggaran seluruh Pemda di Kalbar dan instansi vertikal di Kalbar dapat lebih baik dari waktu ke waktu,” demikian disampaikan Kakanwil DJPb Kalbar Imik Eko Putro dalam kunjungannya ke Kepala Perwakilan BPKP Kalbar Dikdik Sadikin pada Selasa (19/10) di Ruang Kerja Kepala Perwakilan BPKP Kalbar, Pontianak. Kehadiran lelaki kelahiran Banyuwangi itu adalah kunjungan perdananya ke BPKP Kalbar setelah dua hari efektif bekerja sebagai Kakanwil DJPb Kalbar.

Menanggapi hal itu, Kaper BPKP Kalbar Dikdik Sadikin menyatakan kesiapannya untuk melanjutkan sinergi dengan Imik Eko Putro sebagai Kakanwil DJPb Kalbar yang baru.

“Kami siap berkoordinasi dengan DJPb Kalbar, sebagaimana selama ini kita telah bersinergi dengan baik,”   ujar Dikdik. “Bahkan, koordinasi itu bukan saja kepada mitra kerja di luar BPKP dan DJPb. Tetapi juga koordinasi dalam bentuk dorongan ke dalam BPKP Kalbar sendiri. Yaitu, untuk meningkatkan kinerja anggaran BPKP Kalbar yang dipacu dengan pemantauan DJPb Kalbar. Koordinasi ini telah menjadikan selama ini BPKP Kalbar sebagai teladan kinerja anggaran terbaik di Bumi Khatulistiwa.”

Memang tidak dapat dipungkiri, soal kinerja anggaran, BPKP Kalbar berturut-turut menerima penghargaan terbaik, baik untuk Indeks Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) maupun kinerja dari Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).  “Tentu, prestasi ini menjadikan BPKP Kalbar semakin dipercaya oleh para  mitra  kerja. Bahwa BPKP Kalbar telah terlebih dahulu memberikan contoh nyata. Membuktikan secara konkrit hasil kinerja anggaran yang baik sebelum memberikan konsultasi kepada para mitra kerja BPKP,” imbuh Kaper.

Dalam waktu dekat, BPKP Kalbar dan DJPb Kalbar merencanakan koordinasi ke sebuah pemda di Kalbar yang masih belum meraih opini WTP. Di samping itu, pengelolaan keuangan desa pun menjadi sasaran kerja sama, agar dana yang demikian besar itu benar-benar dapat dipastikan bermanfaat dan menjadi berkah bagi masyarakat desa.

 

(Kominfo BPKP Kalbar/FW)