Gubernur dan BPKP Sulteng Bahas Hasil Evaluasi PAPBJ Triwulan 3

.

PALU (12/10) - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura dan Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Tengah Evenri Sihombing membahas atensi hasil evaluasi penyerapan anggaran dan pengadaan barang/jasa periode triwulan 3 tahun 2021. Hasil evaluasi tersebut merupakan sinergi antara Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah dengan 14 inspektorat daerah se-Sulawesi Tengah.

Evenri Sihombing menyampaikan rasio kemandirian fiskal sebesar 13,77%, artinya seluruh pemerintah daerah di Sulawesi Tengah masih memiliki ketergantungan yang cukup besar terhadap pemerintah pusat, yang paling tinggi 26,91% dan paling rendah 4,47%. Evenri Sihombing menambahkan realisasi pendapatan sebesar 58,96%, realisasi belanja sebesar 46,66%, paket pengadaan barang dan jasa yang sudah selesai sebesar 17,14% yang juga relatif masih rendah. Kepala Perwakilan pun menawarkan Perwakilan BPKP Provinsi Sulteng siap memfasilitasi akselerasi proses pengadaan barang/jasa apabila ada kendala di lapangan.

Perlunya langkah nyata dan gerak cepat dari gubernur, bupati, wali kota, dan seluruh jajaran pemerintah daerah dalam meningkatkan pendapatan daerah untuk kemandirian fiskal dan merealisasikan belanja sesuai target yang telah ditetapkan. Sehingga barang dan jasa segera dimanfaatkan oleh masyarakat dalam peningkatan pelayanan publik dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Langkah-langkah inilah yang dibahas secara intens dan serius oleh Rusdy Mastura dan Evenri Sihombing.

Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah siap untuk mengawal dan mendampingi langkah-langkah yang akan ditempuh. Kepala Perwakilan menawarkan bantuan kerja sama untuk peningkatan kemandirian fiskal Provinsi Sulteng melalui audit optimalisasi pendapatan asli daerah: pajak dan retribusi daerah seperti peningkatan pajak air permukaan, pajak kendaraan bermotor termasuk kendaraan alat berat yang tersebar di Provinsi Sulawesi Tengah, dan pajak bahan bakar minyak, termasuk audit tujuan tertentu apabila dibutuhkan Pemerintah Provinsi Sulteng. Prinsipnya, BPKP siap hadir bermanfaat di daerah.  

Menanggapi hal tersebut Rusdy Mastura, yang didampingi oleh Kepala BPKAD, menyambut baik atensi yang disampaikan langsung oleh Kaper BPKP Sulteng, Evenri Sihombing yang didampingi oleh Korwas APD Sugimulyo dan Korwas P3A Muh. As'af. 

(Kominfo BPKP Sulteng, Sugimulyo/ Naufal)