Terima Hasil Pengawasan BPKP, Gubernur Kalbar Berkomitmen Segera Tindaklanjuti

.

PONTIANAK (5/10)—Gubernur Kalbar menerima Laporan Hasil Pengawasan Semester I Tahun 2021 BPKP Kalbar. Selaku wakil pemerintah pusat di daerah, Gubernur Kalbar dalam pembahasan laporan juga turut memberikan masukan.

“Sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, Gubernur Kalbar selayaknya juga mendapatkan laporan secara komprehensif dan periodik mengenai pengawasan BPKP yang berada di wilayahnya. Untuk itu, BPKP Kalbar menyampaikan Laporan Hasil Pengawasan Semester I Tahun 2021 sebagai bagian dari akuntabilitas BPKP di Bumi Khatulistiwa,” demikian disampaikan Kepala Perwakilan (Kaper) BPKP Kalbar Dikdik Sadikin saat menyampaikan laporan tersebut pada Selasa, 5 Oktober 2021 di Ruang Kerja Gubernur Kalbar, Pontianak.

Tidak hanya sekadar menyerahkan laporan, Kaper BPKP Kalbar juga membahas ringkasan eksekutif, yang dikemas dalam bentuk infografis, bersama Gubernur Kalbar. Pada dasarnya, hasil pengawasan yang disampaikan terdiri atas dua bagian, yaitu dukungan atas pengawasan isu strategis nasional dan pengawasan atas akuntabilitas pembangunan daerah. Materi yang disampaikan antara lain terkait penanganan Covid-19, pengawasan atas berbagai sektor, pengawasan atas akuntabilitas keuangan daerah, pengawasan akuntabilitas kekayaan negara yang dipisahkan dan pengawasan tematik. Kaper BPKP Kalbar dalam kesempatan tersebut didampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha Puji Basuki, Korwas Bidang P3A B Fredy Joko Susilo, Korwas Bidang APD Agung Zaenal, Korwas Bidang Investigasi Hisyam Wahyudi, dan Kasubag Umum Slamet Dadang Kurniadi.

Dalam pembahasan, Gubernur Kalbar Sutarmidji menyampaikan beberapa pandangannya dan memberikan masukan agar hasil pengawasan lebih ditingkatkan. Terkait pengendalian manajemen pada pemda di wilayah Kalbar, Gubernur mengharapkan para kepala daerah di Kalbar tidak hanya mengandalkan laporan dari kepala dinasnya tapi juga memanfaatkan teknologi informasi seperti Aplikasi SMILE dalam pemantauan vaksinasi.

Di sela pembahasan laporan, Gubernur tidak lupa menginstruksikan kepada Inspektur Kalbar Marlyna Almuthahar dan Kepala Badan Keuangan Aset Daerah (BKAD) Kalbar Alfian yang kala itu mendampinginya terkait dengan berbagai permasalahan dalam laporan yang harus segera ditindaklanjuti.

Di akhir pertemuan, Gubernur Kalbar Sutarmidji mengucapkan terima kasih atas pengawasan yang dilakukan oleh Perwakilan BPKP Kalbar dan mendukung upaya menjaga akuntabilitas keuangan negara dan daerah di wilayah kerjanya.

Menanggapi hal itu, Kaper BPKP Kalbar menyampaikan kesiapan pihaknya membantu Gubernur dan Pemprov Kalbar untuk membangun tata kelola yang baik dengan penuh integritas di Bumi Khatulistiwa.

(Kominfo BPKP Kalbar/FW)