Perkuat Zona Integritas, BPKP Jambi Ingatkan Kualitas Pelayanan Publik

.

JAMBI - Kepala BPKP Provinsi Jambi Sueb Cahyadi, memberikan pengarahan kepada pejabat di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi dalam rangka Pembinaan Pencapaian Target Kinerja dan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Kamis (25/3).

Dalam arahan, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi Sueb Cahyadi menyampaikan, “Seperangkat aturan regulasi yang sudah dibuat oleh pemerintah sebenarnya sudah ada unsur-unsur untuk membangun sistem dengan baik, namun mengingat banyak pejabat dan pegawai yang belum memahami bagaimana melakukan tugas dengan baik dibuatlah sesuatu kebijakan untuk membangun apa yang dinamakan Zona Integritas dalam rangka reformasi birokrasi.”

Untuk mendapat predikat Zona Integritas perlu adanya perubahan mindset, cara kerja, dan peningkatan pelayanan publik. Sebagai pelaksana tugas pemerintah harus terus melakukan perubahan dalam mencapai sasaran Reformasi Birokrasi dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Hal itu diwujudkan dengan cara mendekatkan pelayanan untuk bisa memberikan kemudahan kepada masyarakat.

“Perubahan kecil akan membekas di masyarakat, contohnya menyediakan ruang tunggu yang nyaman dan kemudahan pelayanan. Sesuatu yang dipupuk dengan pencitraan dan persepsi publik yang baik akan merubah pandangan masyarakat pada lembaga pemerintah,” ujar Sueb Cahyadi.

Selain itu, Sueb Cahyadi juga berbagi strategi dalam peningkatan Zona Integritas di antaranya adalah menyatukan komitmen pimpinan dan semua pegawai, menyediakan fasilitas lebih baik, dan semangat hospitallitty. Untuk kepuasan publik, dapat membuat program yang menyentuh masyarakat, melakukan pemantauan dan evaluasi berkelanjutan, serta menetapkan strategi komunikasi untuk memastikan bahwa setiap aktivitas dan inovasi perubahan yang telah dilakukan diketahui oleh masyarakat.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi Mhd. Jahari Sitepu bertujuan untuk memberikan penguatan kepada Tim Pembangunan Zona Integritas. Pada tahun 2021 ini, seluruh satuan kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jambi akan bekerja keras untuk mewujudkan Satuan Kerja Berpredikat WBK dan WBBM.

Acara Pembinaan Pencapaian Target Kinerja dan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) ini dihadiri pula oleh narasumber Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Sosial Min Usihen dan Staf Khusus Menteri Bidang Media dan Komunikasi Milton Hasibuan.

Staf Khusus Menteri Bidang Media dan Komunikasi Milton Hasibuan dalam paparannya menjelaskan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan publik diantaranya sebagai respon terhadap kebutuhan masyarakat dan respon terhadap sikon yang terjadi, untuk membangun kepercayaan (trust), untuk kepuasan masyarakat secara terus menerus dan bentuk komitmen organisasi dalam jangka panjang.

 

(Kominfo BPKP Jambi)