RSUD Maria Walanda Maramis Jadi BLUD

.

AIRMADIDI (26/11) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Maria Walanda Maramis mengadakan acara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 sekaligus acara syukuran atas penetapan RSUD Maria Walanda Maramis menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Di awali dengan ibadah, acara di lanjutkan dengan sambutan dari Direktur RSUD Maria Walanda Maramis, Sandra Rotty. Ia berharap agar kegiatan ini dijadikan momentum berkomitmen seluruh pegawai rumah sakit agar terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Ia juga menekankan akan terus berbenah dalam berbagai aspek seperti pelayanan medis, manajemen, peralatan kesehatan, hingga sarana dan prasarana sehingga pelayanan kesehatan kepada pasien bisa terpenuh idengan baik.

Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangun (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara Setya Nugraha yang juga turut hadir dan menyampaikan sambutan dalam acara tersebut. Ia mengucapkan selamat atas penetapan RSUD Maria Walanda Maramis menjadi BLUD. Selain amanah undang-undang, tambah Kaper, BLUD memberikan kemudahan berupa fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Menutup sambutannya ia mengharapkan jajaran RSUD untuk komitmen terhadap perubahan dan konsekuensi menjadi BLUD. “Tantangannya yaitu kami berharap jajaran RSUD berkomitmen terhadap perubahan ini termasuk konsekuensi akuntabilitasnya. “Dari sesuatu yang berubah pasti dibalik itu ada konsekuensi logis dan ini perlu komitmen," harap Kaper. Ia juga agar para pegawai dapat meningkatkan kompetensinya serta perlu dukungan dari pemerintah daerah. “Semoga RSUD ini semakin tumbuh bagus, berkinerja luar biasa, menjadi kebanggaan masyarakat Minahasa Utara”, tutup Setya.

Senada dengan Kaper, Pjs. Bupati Minahasa Utara Clay Dondokambey mengatakan agar komitmen dan konsistensi yang sudah dibangun untuk dijaga dan ditingkatkan dengan memberikan pelayanan yang terbaik sehingga pelayanan kesehatan yang baik akan terus terwujud. Ia juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada jajaran dokter, perawat, dan pegawai RSUD atas dedikasi serta semangat juang dalam memberikan pelayanan kesehatan yang telah diberikan kepada masyarakat. Mengakhiri sambutannya, ia berharap agar RSUD tetap profesional dan berintegritas dalam melaksanakan tugas, terlebih di tengah pandemi COVID-19 ini.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Minahasa Utara Denny Lolong, Forkopimda Minahasa Utara, Kepala Dinas Kesehatan Minahasa Utara Alain Beyah, serta Korwas Bidang Akuntan Negara Mudzakir.

 

(Tim Kominfo BPKP Sulut/TH)