Peningkatkan Kapabilitas APIP Berbasis Risiko pada Kab. Bener Meriah

.

BANDA ACEH (21/10) – Dalam upaya peningkatan kapabilitas APIP dan tata kelola keuangan pemerintah daerah, Kabupaten Bener Meriah, Kepala Perwakilan BPKP Aceh Indra Khaira Jaya bersama dengan tim melakukan audiensi dengan Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi yang didampingi oleh Inspektur di Pendopo Kabupaten Bener Meriah pada Minggu, (18/10).

Substansi pembahasan pada pertemuan tersebut adalah apresiasi BPKP Aceh kepada Bupati Bener Meriah yang telah memberikan support penuh kepada Inspektorat untuk meningkatkan jumlah dan kapasitas sumber daya manusia Inspektorat. Indra Khaira juga mengapresiasi peran Bupati Bener Meriah yang memberikan peran strategis kepada PFA untuk melakukan pengawalan terhadap proyek-proyek strategis dan penting yang ada di pemerintahan kabupaten dan desa.

Selanjutnya, Kepala Perwakilan BPKP Aceh berharap peningkatan kapabilitas APIP juga memperhatikan PPBR, evaluasi oleh sekretaris daerah, peningkatan kapasitas sumber daya di bidang investigasi, dan audit berbasis rIsiko atas pencapaian visi dan misi kepala daerah.

Dalam pembicaraan tersebut, Indra Khaira juga mendorong akuntabilitas keuangan, mulai dari desa, kecamatan, dan kabupaten menggunakan aplikasi yang terintegrasi berupa Siskeudes Online dan SIMDA yang terintegrasi antara perencanaan, penganggaran, tata kelola, dan pelaporan.

Atas apresiasi dan masukan Kepala Perwakilan, Sarkawi sangat merespon positif sekaligus berterima kasih atas peran dan kerja sama, serta bantuan yang telah diberikan BPKP Aceh kepada Pemerintah Daerah Bener Meriah sekaligus berjanji untuk mengimplementasikan semua saran yang diberikan BPKP Aceh.

Di akhir perbincangan, Sarkawi berharap ke depan BPKP Aceh dapat memberikan sumbangsih yang lebih besar dan berkualitas berkaitan dengan pembangunan sektor pertanian dan perkebunan, khususnya kopi dan ubi kayu. Selain itu, Sarkawi meminta BPKP mengawal pembangunan infrastruktur di sektor pariwisata berupa situs sejarah dan fasilitas publik untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi ke depan dalam upaya menyejahterakan rakyat di Kabupaten Bener Meriah.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)