Pentingnya Melihat Value atas Investasi Teknologi Informasi

.

JAKARTA (2/9) - Kepala Pusat Informasi Pengawasan Rudy M. Harahap berkesempatan mengikuti acara Rapat Koordinasi via daring dengan topik “Sinkronisasi Rencana dan Pengendalian Implementasi Program Pusat dan Daerah” yang dikordinasikan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional. 
 
Pada acara tersebut, Rudy menyampaikan pentingnya melihat value atas investasi teknologi informasi yang sudah ada sejauh ini, yaitu dengan melihat kebijakan Pemerintah yang sudah dihasilkan dari investasi teknologi informasi tersebut. Ia juga menyarankan perlunya reviu investasi teknologi informasi saat ini agar ke depan tidak menjadi masalah karena investasi yang ada sudah cukup besar. Kemudian, Ia juga menyarankan penggunaan sistem informasi untuk mengukur kinerja sukarelawan Covid-19.
 
Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional Dewi Nur Aisyah menyatakan setuju dengan saran-saran yang diajukan. Ia menyatakan Satuan Tugas sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan menggunakan sistem yang sudah ada untuk membuat kebijakan dan akan diperkuat lagi sebagai landasan pengambilan kebijakan berikutnya. Dewi juga menegaskan bahwa hasil investasi teknologi informasi tersebut adalah laporan-laporan yang diberikan secara berkala kepada Ketua Satuan Tugas dan juga Presiden.
 
Dirjen Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri Safrizal ZA juga memberikan apresiasi positif terhadap saran yang diberikan oleh Rudy. Bahkan, Ia menyarankan agar BPKP ikut andil dalam pengembangan sistem yang ada di Satuan Tugas. “Saran saya, BPKP ikut juga dalam tim di bagian sistem dan data karena mereka jago juga dalam sistem dan data,” tegasnya. 
 
(Kominfo Pusinfowas BPKP/aw/rh)