BPKP dan BPK Kaltim Bangun Sinergi Pengawasan

Samarinda (30/6) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kaltim Supriyadi menemui Kepala Perwakilan BPK Kaltim Dadek Nandemar. Dalam kesempatan tersebut, Supriyadi didampingi oleh Koordinator Bidwas IPP Widhi Sutikno dan Koordinator Bidwas P3A Harry Bowo. Turut hadir pejabat struktural dari BPK Kaltim mendampingi Dadek Nandemar.

Supriyadi menyatakan maksud kedatangannya untuk memperkuat jalinan sinergi yang selama ini dibangun. Kunjungan ini merupakan kali pertama dilakukan sejak dilantik sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kaltim. Menurutnya, koordinasi ini penting mengingat di depan akan banyak berhubungan langsung dalam membina pemda.  Di masa pendemi ini, BPKP juga akan berkoordinasi dengan BPK berkaitan dengan pemeriksaan penanganan Covid-19. Di tingkat pusat, Kepala BPK dan BPKP sudah menjalin koordinasi dengan intens, sehingga diharapkan ke depan hubungan kerja sama akan terbangun dengan semakin baik. 

Supriyadi menyampaikan bahwa di masa pandemi ini, BPKP cukup padat dengan kegiatan mengawal dan mendampingi pemda dalam percepatan penanganan Covid-19 berupa refocussing anggaran dan pengadaan barang dan jasa, serta bekerja sama dengan APIP pemda. Ke depan, ruang lingkupnya semakin berkembang ke bidang kesehatan, JPS, dan bansos, baik BST maupun Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, insentif dokter dan tim medis, serta mengawal Program PEN.

Supriyadi juga mengatakan, pekerjaan di masa pandemi ini sangat menantang karena harus dilakukan dalam berbagai keterbatasan. Namun apapun rintangannya, BPKP terus mengembangkan inovasi dan mengembangkan ABK (Adaptasi Kebiasaan Baru) dari internal kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kaltim dan dalam pelaksanaan pengawasan.

 

(Tim Kominfo BPKP Kaltim)