Optimalisasi Penyaluran Bantuan Sosial di Negeri Soya

Ambon (20/5) – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Rizal Suhaili hadir mendampingi Tim Satgas COVID-19 BPKP Maluku dalam mengawal penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada penerima bantuan di Kecamatan Sirimau, Negeri Soya, Ambon.

Pandemi COVID-19 berdampak besar bagi masyarakat Indonesia di berbagai aspek kehidupan. Di tengah situasi krisis, pemerintah berupaya mengatasi berbagai permasalahan terkait COVID-19 yang dihadapi masyarakat. Untuk itu, BPKP hadir mendampingi pemerintah daerah dalam pengawalan dan penyaluran bantuan sosial sebagai upaya mengurangi beban ekonomi masyarakat yang terdampak.
 
Agar penyaluran bantuan ini cepat, tepat guna, dan tepat sasaran, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku langsung bergerak untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait penyaluran bantuan sosial ini ke daerah-daerah terdampak. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Rizal Suhaili dan tim menyambangi Kantor Kecamatan Negeri Soya untuk memantau penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Kunjungan kerja disambut baik oleh Raja (Kepala Desa) John L. Rehatta. Dalam pertemuan tersebut, Rizal mengawal penyaluran bantuan di Kecamatan Sirimau, mengecek kuota penerima dan sistematika penyaluran bantuan, serta kendala yang terjadi selama penyaluran bantuan. 
 
Setelah selesai dari kantor kecamatan, Rizal dan tim bergegas menuju ke daerah yang terdapat keluarga miskin terdampak COVID-19 di Kecamatan Sirimau. Tidak hanya satu, namun beberapa tim disebar agar pemantauan penyaluran bantuan ini lebih efektif dan efisien. Dari hasil monitoring tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Rizal Suhaili segera menginstruksikan tim agar mendata dan bersama Pemda meninjau kembali data penerima bantuan tersebut agar seluruh warga terdampak dapat menerima manfaat dari bantuan sosial ini. 
 
 
 
(Kominfo BPKP Maluku)