Berita Seputar BPKP dan Pengawasan

BPKP dan STAR Siap Kembangkan Manajemen Talenta APIP
02 Desember 2019 08:46:38 / gilang / dibaca: 749 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

Padang (26/11) - Sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan pengembangan kualitas SDM yang menjadi fokus pemerintah pada RPJMN 2020-2024, BPKP dan STAR menyelenggarakan Annual Workshop STAR 2019 dengan tema “Dukungan STAR terhadap Penerapan Organisasi Pembelajar dalam rangka Pengembangan Manajemen Talenta ASN APIP”. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 26-27 November di Hotel Grand Inna, Padang. Acara ini diikuti oleh peserta dari kantor perwakilan BPKP dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia.

Program State Accountability Revitalization (STAR) yang dikelola oleh BPKP memiliki tujuan mendukung reformasi birokrasi dalam meningkatkan akuntabilitas keuangan pemerintah melalui penguatan kapasitas APIP dan SDM pengelola keuangan di pusat dan daerah. Hal ini tentu sejalan dengan fokus pemerintah pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Pemerintah Republik Indonesia untuk periode 2020-2024, yaitu pengembangan kualitas SDM. Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan menciptakan persepsi yang sama di antara stakeholders untuk mengembangkan proses organisasi pembelajar bagi APIP dan mendukung pengembangan manajemen talenta APIP yang merupakan bagian dari program prioritas nasional.

Mengawali acara ini, para pejabat di lingkungan BPKP, STAR, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang selaku tuan rumah bergantian memberikan sambutan. Pertama-tama, Kepala Biro MKOT BPKP Amdi Veri Darma, selaku Ketua Koordinator PMU, menyampaikan Laporan dan Ringkasan Program STAR. Setelah itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Barat Hansastri Matondang maju memberikan sambutan mewakili Gubernur Sumatera Barat. Acara dilanjutkan dengan Ucapan Selamat Datang dari Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah. Setelah itu, Senior Project Officer ADB Deeny Simanjuntak juga memberikan sambutan. Sekretaris Utama BPKP Ernadhi Sudarmanto menyampaikan sambutan dan sekaligus secara resmi membuka acara.

Hari pertama digelar talkshow dengan host Kartika Octaviana dengan narasumber Kepala Pusat Inovasi Manajemen Pengembangan Kompetensi ASN (LAN) Seno Hartono, Direktur Pengawasan dan Pengendalian Bidang Kode Etik, Disiplin, Pemberhentian dan Pensiun PNS (BKN) Achmad Slamet Hidayat, dan Kepala Pusdiklatwas BPKP Sally Salamah. Talkshow mengusung tema “ Pengembangan Manajemen Talenta ASN APIP melalui Penguatan Organisasi Pembelajar dalam Mendukung Peningkatan Birokrasi Pelayanan Publik”. Setelah istirahat makan siang, diadakan diskusi panel dengan tema “Best Practice Organisasi Pembelajar dalam rangka Penguatan Proses Pembelajaran pada Organisasi Sektor Publik”. Diskusi kali ini dipandu oleh Kepala Pusdiklatwas BPKP Sally Salamah dengan menghadirkan Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan dan Tata Kelola Pemerintahan Desa Djoko Prihardono dan Kepala Pusdiklat Keuangan Umum Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (Kemenkeu) Heni Kartikawati sebagai narasumber.

Pada hari kedua, diadakan dua sesi diskusi panel. Diskusi panel sesi pagi mengambil tema “Strategi Pemerintah Pusat terhadap Upaya Dukungan Pengembangan Manajemen Talenta ASN APIP”. Diskusi pada sesi ini dipandu oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Buyung Wiromo Samudro sebagai moderator. Narasumber pada sesi ini, yaitu Direktur Pengolahan Data dan Informasi Kepegawaian (BKN), Kepala Biro Manajemen Kinerja Organisasi dan Ketatalaksanaan (BPKP) Amdi Verdi Darma dan Direktur Pinjaman dan Hibah Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (Kemenkeu) Scenaider Clasein H. Siahaan. Diskusi sesi siang mengangkat tema “Strategi Pemerintah Daerah terhadap Upaya Dukungan Pengembangan Manajemen Talenta ASN APIP” dengan Auditor Utama BPKP Alphonsa Animaharsi sebagai moderator. Narasumber pada sesi ini, yaitu Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Auditor Edi Mulia, Inspektur Khusus Kemendagri Teguh Narutomo, dan Inspektur Kabupaten Pesisir Selatan Yespi Nawiarsih.

Selain talkshow dan diskusi panel, kegiatan ini juga menyelenggarakan pameran yang paralel dengan diskusi. Peserta bisa mampir ke booth pameran untuk melihat produk-produk dari BPKP yang terkait dengan pengembangan SDM. Produk-produk yang dipamerkan, yaitu REGOL dan e-Learning, SPPBR, dan Sibijak. Selain itu, panitia juga menyediakan photobooth agar para peserta bisa berfoto-foto.

 



Share      

Berita Terkait:

09 Desember 2019 11:12:36 / adminkita / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
BPS Woro-Woro Survey Penduduk 2020
09 Desember 2019 09:22:51 / gorontalo / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
SPIP Bukan Sistem Formalitas
05 Desember 2019 08:04:12 / gorontalo / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
BPKP Gorontalo Sosialisasikan Evaluasi Zona Integritas WBK dan WBBM
03 Desember 2019 14:14:02 / sultra1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
SIA BUMDes Perkuat Tata Kelola Keuangan BUMDesa
28 Nopember 2019 09:30:41 / bengkulu1 / dibaca: kali / Kat: Sosialisasi/Workshop
BPKP Sosialisasikan Penilaian Dokumen BLUD Puskesmas