Bimtek Penginputan SSH dan ASB pada Pemda Bone Bolango

Gorontalo (1/7) - Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo berkerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango menyelenggarakan Bimtek Penginputan Standar Satuan Harga (SSH) dan Analisis Standar Belanja (ASB) Menggunakan Aplikasi Simda Perencanaan Tahunan Kabupaten Bone Bolango Tahun 2019. Bimtek yang diselenggarakan selama enam hari ini, bertempat di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo.

Bimtek dibuka oleh Sekda Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma. Hadir pula dalam pembukaan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Supriyadi, Koorwas Bidang APD Glenn Davies Siwu, Kabid Evaluasi dan Litbang Bone Bolango Halim Katili, serta narasumber dari Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo.

Ishak Ntoma menyatakan bahwa Bimtek Standar Satuan Harga (SSH) dan Analisis Standar Belanja (ASB) harus lebih dipahami betul oleh ASN Pemda Bone Bolango. SSH dan ASB ini menjadi salah satu kunci utama APBD Bone Bolango agar lebih efesien, lebih efektif, dan lebih fokus.

Ishak Ntoma menambahkan bahwa SAKIP Bone Bolango saat ini sudah mendapat predikat BB. Oleh karena itu, Ishak mengharapkan agar seluruh peserta lebih disiplin mengikuti kegiatan tersebut untuk dapat meningkatkan kualitas perencanaan daerah.

Dalam sambutan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Supriyadi, Ia menegaskan pentingnya penyelenggaraan bimtek ini. Selain itu, Supriyadi juga mengungkapkan permasalahan-permasalahan sistem pengendalian intern dan tata kelola di daerah. Penerapan SIMDA Perencanaan jadi salah satu solusi atas permasalahan tersebut dengan SSH dan ASB sebagai kunci utama dalam pengendalian.

“APIP dan SPIP merupakan dua pilar yang merupakan benteng organisasi pemerintah daerah. Dengan dua pilar tersebut, akuntabilitas keuangan dan kinerja yang efektif akan tercapai sehingga opini WTP, WBK, dan WBBK pasti akan diraih,” pungkas Supriyadi mengakhiri sambutannya.