SIMREN untuk Transparansi Perencanaan Anggaran Daerah

Gorontalo (11/4) - Bapppeda Kabupaten Boalemo bersama Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo menggelar kegiatan Implementasi SIMREN Tahunan melalui Penginputan Analisis Standar Belanja (ASB) kegiatan fisik Tahun Anggaran 2020 pada Simda Perencanaan Kabupaten Boalemo.

Bertempat di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo, kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Boalemo Anas Jusuf. Dalam sambutannya, Ia mengatakan bahwa Analisis Standar Harga (ASB) merupakan salah satu instrumen anggaran berbasis kinerja sebagaimana telah diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 105 tahun 2000 tentang Pengelolaan dan Pertanggung Jawaban Keuangan Daerah.

“Penggunaan ASB untuk menyusun anggaran berdasarkan kinerja yang akan dicapai dan dapat dinilai kewajarannya secara ekonomi, efisien, dan efektif. Penginputan ASB menjadi salah satu tahapan dalam penyusunan RKA pada APBD,” ungkapnya.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Supriyadi turut hadir bersama Kepala Bappeda Kabupaten Boalemo Rusdin Aminu. Supriyadi mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Boalemo yang telah menyelenggarakan Implementasi Sistem Informasi Perencanaan (SIMREN) melalui penginputan ASB yang bersifat fisik.

“Tentunya dengan aplikasi ini proses perencanaan anggaran daerah akan lebih transparan, adil, dan dapat dipertanggungjawabkan. BPKP juga akan melakukan pengawasan tentang pengelolaan dan penggunaan anggaran yang dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo,” jelasnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Boalemo Rusdin Aminu dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan yang laksanakan selama 5 hari tanggal 11 – 16 April 2019 ini diikuti oleh para Kasubbag Perencanaan masing-masing OPD.