Wakil Gubernur DIY Harap BPKP Terus Dorong APIP ke Level 3

Selasa (26/3) - Kepala Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta (DIY) bersama rombongan melakukan kunjungan ke Kantor Wakil Gubernur DIY dalam rangka penyerahan Laporan Hasil Pengawasan atas Akuntabilitas Keuangan Negara/Daerah Tahun 2018. Wakil Gubernur DIY Paku Alam X didampingi Inspektur DIY menyambut rombongan dari Perwakilan BPKP DIY di ruang pertemuan Gedhong Pare Anom Kepatihan.

Pada kunjungan tersebut, Kepala Perwakilan BPKP DIY Slamet Tulus Wahyana menyampaikan pokok-pokok Laporan Hasil Pengawasan Tahun 2018. Informasi dibagi ke dalam empat fokus, yaitu Pengawalan Pembangunan Nasional, Kontribusi Peningkatan Ruang Fiskal, Pengamanan Aset Negara/Daerah, dan Perbaikan Sistem Tata Kelola (Governance System). Terkait fokus pengawalan pembangunan nasional, Perwakilan BPKP DIY melakukan review Proyek Strategis Nasional (PSN), seperti pada pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA), rencana pembangunan tol Yogyakarta-Bawen dan Yogyakarta-Solo, serta pengelolaan Dana Desa yang akuntabilitasnya sudah relatif bagus.

Dalam hal pengamanan aset negara, Perwakilan BPKP DIY bekerjasama dengan aparat penegak hukum di mana tidak banyak masalah yang timbul. Hal ini menjadi indikator pengelolaan keuangan daerah di DIY sudah bagus. BPKP DIY juga mengawal pemerintah kabupaten/kota dalam rangka peningkatan tata kelola, khususnya pengendalian intern. Pengawalan tata kelola tidak hanya dilakukan pada pemerintah kabupaten/kota, namun juga BUMD di wilayah DIY.

Dari sisi kapabilitas APIP di tahun 2018, dua dari enam APIP di DIY sudah mencapai level 3.  Dari seluruh APIP di wilayah Indonesia, terdapat empat daerah yang kapabilitas SPIP-nya sudah mencapai level 3, yaitu Provinsi DIY, Kabupaten Sleman, Kabupaten Sidrap, dan Provinsi NTB. Ke depan, dibutuhkan komitmen bersama untuk meningkatkan dan mendorong APIP lainnya agar segera menyusul ke level 3.

Paku Alam mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang selama ini telah terjalin dengan Perwakilan BPKP DIY. Ia berharap agar selanjutnya lebih banyak  dilakukan pembinaan SDM, termasuk dalam pencegahan korupsi dan memupuk kesadaran akan pentingya akuntabilitas. Paku Alam mengungkapkan cita-citanya dan Gubernur DIY untuk mengedukasi warga DIY. Dengan semakin teredukasinya warga, indeks kebahagiaan dan spending untuk pendidikan akan meningkat.

Di akhir pertemuan, Paku Alam berpesan agar Perwakilan BPKP DIY senantiasa mendorong APIP agar kapabilitasnya segera mencapai level 3 di tahun 2019 ini.

 

(Humas BPKP DIY/ros)