Optimalisasi Pembinaan JFA Dukung Kapabilitas APIP

Jakarta (6/11)- Peran APIP yang kian strategis harus didukung kapabilitas yang mumpuni. Pembinaan Jabatan Fungsional Auditor (JFA) secara menyeluruh dan optimal, diharapkan akan memperkuat kapabilitas APIP. Sebagai sarana berkomunikasi dan menyamakan persepsi, Pusat Pembinaan JFA BPKP menyelenggarakan Forum Komunikasi JFA Tahun 2018.

Kegiatan ini berlangsung di Auditorium Gandhi pada tanggal 6 s.d. 7 November 2018, diikuti 188 peserta yang berasal dari Inspektur Provinsi/Kabupaten/Kota, dan Korwas P3A /Kepala Bagian TU, Pengelola Kepegawaian BPKP, baik unit kerja pusat maupun perwakilan. Kepala Pusbin JFA Edi Mulia dalam laporannya menyatakan berbagai masalah masih terjadi dalam pembinaan JFA, antara lain masih kurangnya pemahaman mengenai JFA, tingginya mutasi auditor, komposisi yang belum seimbang maupun reward yang dianggap belum sesuai.

Sekretaris Utama Dadang Kurnia, dalam sambutannya menyampaikan, “Masalah utama yang masih dihadapi APIP pada tiga area yaitu formasi auditor, kesenjangan kompetensi (competency gap), dan kesenjangan kinerja (performance gap). Hal tersebut tidak terlepas dari proses rekrutmen yang belum optimal, keterbatasan pendidikan dan pelatihan, serta pengembangan JFA yang juga terkendala anggaran yang tersedia”.

Dadang selanjutnya menguraikan beberapa langkah yang telah dilakukan BPKP dalam mendukung optimalisasi JFA antara lain, pengembangan sistem informasi pendaftaran JFA berupa aplikasi berbasis web, pengembangan diklat berbasis e-learning, pelaksanaan ujian sertifikasi online serta penyelenggaraan diklat melalui kerjasama dengan STAR BPKP. Selain itu, STAR BPKP sejak tahun 2013 juga telah membantu pengembangan APIP meliputi program degree, baik jenjang S1 maupun S2 serta program non degree berupa workshop, seminar maupun program sertifikasi.

Pusbin JFA saat ini juga sedang mengembangkan aplikasi “SIBIJAK” yang merupakan sistem informasi yang terintegrasi untuk seluruh subsistem baik bina karir, bina kompetensi maupun bina kinerja sebagai sarana untuk pemetaan secara lebih real time sehingga mampu meningkatkan kualitas JFA dan mendukung peran BPKP sebagai pembina APIP.

Sebagai kegiatan sharing session, forum juga menghadirkan narasumber Kepala Bidang Jabatan Fungsional pada Kementerian PAN dan RB Eka Yulia Widyanti memaparkan tentang "Kebijakan Pembinaan JFA sesuai PP No 11 Tahun 2017" dan Direktur Jabatan ASN BKN Herman yang memaparkan tentang "Pembinaan Karier Jabatan Fungsional ASN, Permasalahan dan Solusi".

Tim Humas BPKP Pusat