Telaah Sejawat Antar APIP dan Penilaian Mandiri APIP Sulsel

Pinrang (4/9) - Bertempat di Ruang Rapat Bupati Pinrang, Bupati Pinrang membuka kegiatan Telaah Sejawat Antar APIP dan Penilaian Mandiri pada 9 APIP Wilayah Sulawesi Selatan yang di lanjutkan dengan sambutan dari Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Pinrang Aslan Patonangi mengapresiasi BPKP yang senantiasa melakukan pendampingan terhadap Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang dalam pengelolaan pemerintahan yang baik.

"Selama 10 tahun terakhir, BPKP senantiasa membantu kami, sehingga saat ini Kapabilitas Inspektorat Kabupaten Pinrang sudah mencapai Level 3 Dengan Catatan. Semoga ini menjadikan pelecut bagi kami agar semangat mendapat Level 3 Penuh," ujar Bupati Pinrang.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan Arman Sahri Harahap menekankan kepada 9 APIP yang hadir dalam kegiatan ini agar dapat memberikan Early Warning System bagi daerahnya masing-masing. "Negara ini telah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memberantas korupsi. Namun seiring dengan penindakan korupsi, jumlah korupsi tidak semakin berkurang sehingga penindakan bukanlah cara terbaik untuk meniadakan penyimpangan."

Arman menambahkan bahwa terkait pencegahan, diharapkan seluruh APIP dapat melakukan tindakan pencegahan penyimpangan secara maksimal dengan meningkatkan kabapilitas APIP.

Arman menyampaikan bahwa Laporan Penilaian Mandiri yang telah selesai disususun agar dilaporkan kepada Kepada Daerah masing-masing, dengan tembusan ke Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan. "Mudah-mudahan pada bulan November 2018, sembilan  APIP sudah dapat mencapai Level 3," tutup kepala Perwakilan.

Humas SulSel (Achprizar/Tony)