Kepala Perwakilan BPKP Maluku Utara Tinjau Pengembangan PSN KEK Morotai

Daruba – (2/7) Senin, 2 Juli 2018, Kepala Perwakilan BPKP Maluku Utara Indra Khaira Jaya didampingi Koordinator Pengawasan Bidang APD Mardiyanto Arif  beserta Tim Reviu Proyek Strategis Nasional (PSN) Morotai melakukan kunjungan ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka meninjau progres pengembangan KEK Morotai yang merupakan salah satu prioritas PSN yang ada di Provinsi Maluku Utara.

Rangkaian kegiatan Kepala Perwakilan beserta Tim Reviu dimulai dengan berkunjung ke kantor Administrator KEK Morotai yang berada di Kantor Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pulau Morotai. Dalam pertemuan ini dibahas progres dan koordinasi yang dilakukan terkait KEK Morotai.

Kunjungan kemudian dilanjutkan dengan meninjau lokasi KEK Morotai di Morotai Selatan untuk bertemu dengan perwakilan dari PT. Jababeka Morotai selaku pihak pembangun dan pengembang KEK Morotai. Sony Hendrianto mewakili PT Jababeka Morotai memberikan penjelasan tentang progres dan kendala pembangunan KEK tersebut. 

Dalam pertemuan tersebut Kepala Perwakilan menjelaskan peran BPKP sebagai auditor presiden yg bertugas mengawasi terlaksananya kegiatan KEK Morotai dan membantu berdasarkan kewenangan yang ada, untuk mendorong agar pembangunan KEK dapat berjalan lancar. Hal ini sejalan dengan agenda prioritas Nawa Cita Presiden Joko Widodo point ke-7, yakni "Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi dan domestik".

Hasil kunjungan lapangan, pembangunan fisik KEK menunjukkan progres yg cukup signifikan diantaranya pembangunan pintu gerbang, kantor administrator, jalan, saluran pembuangan, drainase,  6 ruko dan 41 homestay.

Selanjutnya Kepala Perwakilan beserta Tim melakukan kunjungan ke Bandar Udara Pitu Morotai. Rombongan disambut oleh Kepala Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) Pitu Morotai Syamsuddin Soleman dan jajarannya. Pertemuan ini membahas progres pengembangan Bandara Pitu berupa pelebaran runway dan pembangunan terminal. Pada akhir pertemuan, Kepala Perwakilan berharap seluruh pembangunan di KEK Morotai dapat berjalan lancar sehingga efeknya dapat segera dirasakan oleh masyarakat.


(Humas BPKP Malut/ APD-IPP)