Berbagi Pengetahuan Seputar Kapabilitas APIP Level 3 dengan Pemerintah Brasil

Keberhasilan APIP di lingkungan Pemerintah Indonesia mencapai level 3 dalam model pendekatan Internal Audit Capability Model (IACM) membuat Pemerintah Brasil tertarik berdiskusi dengan APIP di lingkungan Pemerintah Indonesia. Diskusi jarak jauh melalui video conference dilakukan di Ruang Malaka, World Bank Office Jakarta, Gedung Bursa Efek Jakarta, Tower 2, Lantai 12, Jl. Jenderal Sudirman Kavling 52-53. Acara diskusi dilangsungkan pada Selasa, 5 Desember 2017 pukul 17.30 WIB. Perwakilan dari BPKP yang menghadiri diskusi jarak jauh tersebut yaitu Auditor Utama Maliki Heru Santosa, Inspektur Buntoro, Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Auditor Edi Mulia, Kepala Biro Hukum dan Humas Syaifudin Tagamal, dan Direktur Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah I Adi Gemawan.

Melalui acara bertajuk "Sharing Experience Capability Level of Government Internal Audit of Indonesia (IACM Framework)", Pemerintah Brasil mengajak APIP di lingkungan Pemerintah Indonesia membagi pengalaman tentang keberhasilan APIP mencapai level 3. Acara dibuka dengan perkenalan dari masing-masing pihak di Brasilia dan Jakarta dengan dipandu oleh pihak World Bank. 

Dalam paparannya, Maliki Heru Santosa menjelaskan apa-apa yang telah dilakukan BPKP dalam rangka mencapai kapabilitas APIP level 3. Maliki menjelaskan bahwa hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengubah paradigma APIP dari watchdog menjadi partner strategis bagi manajemen. Maliki juga menambahkan bahwa untuk bisa melakukan hal ini, institusi APIP harus didukung oleh sumber daya manusia yang memadai dari segi kualitas dan kuantitas.

Selain perwakilan dari BPKP, turut hadir juga membagi pengalamannya Inspektur Utama Bappenas Roni Dwi Susanto, Plt. Inspektur Provinsi Jawa Barat Muhammad Solihin, dan Inspektur Kabupaten Kudus Adhy Harjono. Masing-masing Inspektur tersebut menjelaskan pencapaian kapabilitas APIP level 3 di wilayah kerja masing-masing dan membagikan pengalaman dalam mencapai hal tersebut.

Pemerintah Brasil sangat tertarik dengan topik diskusi dan mengajukan beberapa pertanyaan, antara lain tantangan-tantangan apa saja yang dihadapi pemerintah Indonesia dan apa-apa saja hal yang harus dilakukan untuk mencapai kapabilitas APIP level 3. Menariknya, setelah mengetahui bahwa BPKP memiliki Rencana Pengembangan Sumber Daya Manusia, perwakilan Pemerintah Brasil sempat mencetuskan keinginannya untuk mempelajari Bahasa Indonesia.

(HumasBPKPPusat/suryo/glg)