Pemda Se-Provinsi Lampung Sinergi dengan BPKP Lampung

Selasa, 3 Oktober 2017, bertempat di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, telah diselenggarakan Penandatangan Nota Kesepahaman Pengembangan Manajemen Pemerintah Daerah antara Perwakilan BPKP Provinsi Lampung dengan Pemerintah Daerah Se-Provinsi Lampung.

mou pemda denga bpkp lampung

Acara ini dihadiri oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Gatot Darmasto, Wakil Gubernur Lampung H. Bachtiar Basri,  Bupati/Walikota  se-Provinsi Lampung, Sekda se-Provinsi Lampung, Kepala Perwakilan BI Lampung, Kepala Perwakilan OJK Lampung, Direktur Bisnis Bank Lampung, serta Kepala Cabang Taspen Bandar Lampung.

Penandatanganan MoU Pengembangan Manajemen Pemerintah Daerah ini bertujuan agar koordinasi dan kolaborasi antara BPKP Dengan Pemda bisa terus dilaksanakan. Selain itu, penandatangan MoU dimaksudkan agar BPKP dan Pemda bisa bersama-sama bersinergi terkait dengan penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), pengelolaan keuangan dan aset daerah, pengembangan teknologi, peningkatan kapabilitas APIP, juga tata kelola BLUD serta pengelolaan keuangan desa.

Selain MoU Pengembangan Manajemen Pemerintah Daerah, pada kesempatan ini diselenggarakan juga penandatangan MoU antara Perwakilan BPKP Provinsi Lampung dengan Pemerintah Kabupaten Tanggamus terkait Penggunaan Aplikasi SP2D Elektronik Bank Lampung.

Penggunaan Aplikasi SP2D Elektronik sendiri sudah dibahas oleh BPKP sejak tahun lalu dan tahun ini Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus menjadi pilot project penerapan Aplikasi SP2D Elektronik di Provinsi Lampung. Adapun tujuan dari Aplikasi SP2D Elektronik adalah agar proses pencairan dana APBD bisa semakin cepat dan akurat.

Usai penandatanganan dua MoU ini, acara dilanjutkan dengan launching Integrasi SIMDA Keuangan dengan SIM Gaji Taspen serta Workshop Simda Perencanaan (E-Planning). Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Lampung, H. Bachtiar Basri. Integrasi SIMDA Keuangan dengan SIM Gaji Taspen bertujuan agar pemerintah daerah dapat mengintegrasikan antara SIMDA Keuangan dengan SIM Gaji PT Taspen, sehingga database kepegawaian PT Taspen dan Pemda terus terupdate. Sementara Workshop SIMDA Perencanaan (E-Planning) yang merupakan subsistem dari SIMDA Keuangan ini bertujuan untuk melengkapi implementasi pengelolaan keuangan pemerintah daerah. Workshop digelar dari tanggal 3 sampai dengan 5 Oktober 2017. 

Beberapa Pemda yang sudah mengajukan untuk menggunakan SIMDA Perencanaan ini adalah Pringsewu, Lampung Selatan, Kota Bandar Lampung, Tulang Bawang Barat, Lampung Tengah dan Mesuji

(Humas BPKP Lampung/J)