Wujudkan Percepatan Penggunaan Aplikasi SIMDA/SIPKD

Batam (02/06) - Bank RiauKepri melanjutkan kerja sama penggunaan Aplikasi Kasda Online Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (SIMDA) dengan Pemko Tanjungpinang, Pemkab Lingga, Pemkab Bintan, Pemkab Anambas, Pemkab Karimun serta Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau, dengan menggelar workshop terkait aplikasi SIMDA/SIPKD bagi pemerintah kota dan kabupaten di wilayah Kepulauan Riau yang berlangsung selama 3 hari (22-24 Mei)  di Hotel Harmoni Batam.

Hadir dalam acara pembukaan workshop, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau Panijo, Koordinator Pengawasan Kelompok Bidang APD Konstantin Siboro, Pengendali Teknis Kelompok Bidang APD Sura, Direktur Operasional Bank Riau Kepri Denny M Akbar, Pemimpin Divisi Produk Dana dan Jasa Bank RiauKepri Andi Mulya, Pemimpin Divisi TSI Bank Riau Kepri Wan Mukhlis.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau Panijo menyampaikan apresiasinya kepada Bank Riau Kepri yang telah bersinergi dengan BPKP dalam pelaksanaan Aplikasi SIMDA. Selain itu, dengan pelaksanaan workshop yang diikuti oleh pemerintah provinsi, kota dan kabupaten di Kepri diharapkan dapat mempercepat meningkatkan pemahaman terkait SIMDA/SIPKD dan mempercepat proses penggunaan Aplikasi Kasda Online untuk mempermudah dan mempercepat proses pencairan SP2D serta memudahkan dalam proses rekonsiliasi pelaporan. “Hal ini bertujuan agar tercipta transparansi pengelolaan keuangan daerah,” jelas Panijo.

Direktur Operasional Bank Riau Kepri, Denny M Akbar juga menyampaikan apresiasinya kepada BPKP yang telah mempercayakan Bank Riau Kepri dalam pengelola SIMDA di Riau dan Kepri. Denny berharap dengan workshop yang berjalan selama tiga hari tersebut dapat diikuti dengan baik oleh pengguna aplikasi SIMDA.

Saat ini, Bank Riau Kepri telah mengimplementasikan Aplikasi Kasda Online di beberapa kabupaten dan kota, di antaranya Karimun, Bintan dan Provinsi Riau. Beberapa waktu lalu Bank Riau Kepri telah menandatangani MoU aplikasi Kasda online dengan Pemko Tanjung Pinang, Pemkab Bintan, Pemkab Lingga, Pemkab Kepulauan Anambas serta Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau. “Kami juga telah melaksanakan Sistem Internal Test (SIT) Kasda online,” ujarnya.

Selain Kasda Online, Bank Riau Kepri juga mengimplementasikan pengembangan transaksi online dengan pemda yaitu PBB online dengan beberapa kabupaten/kota yakni, Bintan, Pekanbaru, Indragiri Hulu, Rokan Hilir, Dumai, Batam, Kampar, Lingga dan dalam proses penembangan Meranti, Indragiri Hilir dan Rokan Hulu.

Teknologi yang dimiliki Bank Riau Kepri saat ini sudah setara dengan perbankan besar lainnya dan keunggulan yang dimiliki Bank Riau Kepri dapat dimanfaatkan oleh pemda untuk mempermudah transaksi keuangan, seperti kerjasama dalam rangka meningkatkan pajak daerah lainnya, sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pemerintah daerah.

(Humas BPKP Kepri/Reza Mahardian Y.)