BPKP Siap Kawal APIP Wilayah Prov Lampung

Sebagai media pertanggungjawaban BPKP dalam melaksanakan pengawasan intern terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pembangunan di Wilayah Provinsi Lampung, yaitu dengan melaporkan seluruh kegiatan pengawasan yang telah dilaksanakan kepada Gubernur Lampung. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Sally Salamah, beserta seluruh jajarannya menyerahkan Laporan Hasil Pengawasan kepada Gubernur Lampung dan diterima langsung oleh Gubernur, M. Ridho Ficardo, didampingi oleh Sekda Provinsi Lampung, Sutono, di ruang kerja Gubernur Lampung (06/09).

Pada kesempatan itu, Sally Salamah memaparkan hasil pengawasan BPKP terhadap reviu dan percepatan Proyek Strategis Nasional (PSN), evaluasi penyerapan anggaran, pengadaan barang dan jasa, serta pengawasan terhadap jaminan kesehatan. Selain itu, Sally Salamah  juga meminta dukungan Gubernur untuk dapat mendorong seluruh APIP di wilayah Provinsi Lampung, agar APIP dapat berperan sebagai early warning system, sebelum terjadinya penyimpangan dalam tata kelola pemerintah daerah. Sesuai dengan arahan Presiden, bahwa dalam RPJMN 2015-2019 level kapabilitas APIP dan SPIP harus berada di level 3. Sally Salamah  menegaskan, “BPKP sebagai instansi pembina APIP siap membantu APIP di wilayah Provinsi Lampung untuk menuju ke level 3,” tegas Sally Salamah.

Dijelaskan pula bahwa saat ini BPKP Lampung juga sedang menyiapkan integrasi SIMDA dengan Bank Lampung terkait dengan SP2D online. Sally Salamah sekali lagi meminta dukungan Gubernur untuk dapat memberikan pengarahan kepada para Bupati/Walikota untuk dapat mengimplementasikan SP2D online tersebut guna mempermudah pengelolaan keuangan daerah.

(Humas BPKP Lampung/AK/end)