Bersinergi Maksimalkan Esensi Sidang Tahunan MPR

Rabu (10/8) Sekretariat Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI melaksanakan kegiatan Forum Tematik Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas), bertempat di Ruang Delegasi MPR RI, Plaza Nusantara V, LT 2, Jalan Jenderal Gatot Subroto. Tujuan diselenggarakannya Forum ini adalah untuk  memaksimalkan esensi kegiatan sidang tahunan MPR dan bagaimana memaksimalkan informasi mengenai sidang tahunan MPR untuk diketahui masyarakat luas. Forum ini dihadiri oleh oleh para Humas Kementerian dan Lembaga.

Forum Tematik Bakohumas dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dalam sambutannya Rudiantara menyampaikan bahwa momentum ini harus dimanfaatkan, karena hanya setahun sekali. Rudiantara menjelaskan, "momentum ini substansinya harus  diketahui masyarakat, pertanggung jawaban kita kepada masyarakat.  Baik dari Pemerintah, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mengenai apa yang sudah kita lakukan selama satu tahun," ungkap Rudiantara.

Ruadiantara menambahkan, dalam mengkomunikasikan sidang tahunan, subtansi yang dibacakan Presiden Joko Widodo harus dikemas dan disampaikan kepada masyarakat.

Lebih lanjut Rudianta menjelaskan, dalam mempublikasikan informasi, ada dua hal yang penting yaitu kanal komunikasi dan substansi. Kanal inilah yang harus dikelola oleh para Humas Lembaga dan Kementerian.

Rudiantara berharap pada tanggal 16 Agustus 2016 nanti, seluruh situs resmi Kementerian dan Lembaga tersebut mempublikasikan mengenai Sidang Tahunan MPR 2016 dengan subtansi berita yang sama. Tak hanya itu, Rudiantara menghimbau agar videotron yang tersebar di seluruh jalan-jalan besar Jakarta juga memberitakan sidang tahunan MPR.

Sementara itu, Ketua Badan Pengkajian MPR RI Bambang Sadono, menyampaikan mengenai isu-isu kajian ketatanegaraan MPR RI, antara lain  salah satu aspek substantif dari kerja MPR yang dilaksanakan oleh badan pengkajian, yang  terbentuk di tahun 2014, periode 2014 – 2019.

Selanjutnya Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono, menyampaikan  mengenai Dimensi Strategis Kehumasan MPR.  Ma’ruf Cahyono menjelaskan bahwa dalam menyampaikan pesan ketatanegaraan kepada masyarakat,  harus tahu apa yang disampaikan.  Ma’ruf Cahyono menambahkan bagaimana   harus menyampaikan secara flexible kepada masyarakat.

Dijelaskan pula bahwa sangat penting membangun kolaborasi antara Kehumasan Kementerian dan Lembaga dalam rangka membangun Kehumasan  kedepan. Humas MPR berada berada pada unit eselon 2,  mempunyai situs  web,  dan audio visual dan perpustakaan yang merupakan instrument Humas.  "Bagaimana MPR  ini sebagai rumah rakyat, sebagai satu-satunya wadah menyampaikan pikiran-pikiran dan dinamika yang  berkembang dan  mendorong perubahan, "ujarnya mengakhiri paparannya.

 (Humas BPKP Pusat/Tine/Shena/end/NS)