Kepala BIN Daerah Kalsel Berkoordinasi dengan BPKP

Banjarbaru (7/1) - Kepala BPKP Kalsel Sumitro  menerima kunjungan Kepala Badan Intelijen Negara Daerah Kalimantan Selatan Brigjen TNI Rahmat Pribadi. Kunjungan kedinasan ini diterima Sumitro di ruang kerjanya dengan didampingi oleh Kepala  Bidang APD Yan Setiadi,  Kepala Bidang Akuntan Negara Saryanto, dan Kabag TU Subroto.

Kunjungan  Brigjen TNI Rahmat Pribadi dimaksudkan untuk meningkatkan koordinasi antar sesama instansi vertikal Pemerintah, sehingga dapat dibangun kerjasama dalam pelaksanaan mandat yang diberikan oleh  Negara. Mengingat fungsi intelijen yang menyangkut berbagai aspek kehidupan bernegara, Kepala BIN Daerah Kalsel yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Umum BIN, menekankan perlunya koordinasi dengan BPKP, khususnya berkaitan dengan analisa dan pengelolaan informasi yang berkaitan dengan pembangunan daerah dan pembangunan ekonomi pada umumnya.

Menanggapi hal tersebut, Sumitro menyampaikan tentang peran BPKP, sebagaimana dimandatkan dalam Perpres 192 Tahun 2014 dan Inpres 9 Tahun 2014, yang diklasifikasikan menjadi 4 fokus pegawasan yang dikenal dengan Catur Dharma BPKP. Keempat fokus pengawasan tersebut adalah,  pengawalan pembangunan, peningkatan ruang fiskal, pengamanan aset negara/daerah dan peningkatan sistem tata kelola (governance system).

(humas kalsel/Pakdhe/Sary)