Pendampingan BPKP Kalsel, Tabalong Siap Tingkatkan Kinerja Puskesmas

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani kembali menyampaikan terimakasih kepada Perwakilan BPKP Provinsi Kalimanatan Selatan yang telah mendampingi Kabupaten Tabalong dalam peningkatan akuntabilitas keuangan daerah dan peningkatan kinerja, termasuk upaya peningkatan kinerja puskesmas melalui impelemnatasi PPK BLUD. Lebih lanjut Bupati mengharapkan kerjasama yang berkelanjutan sehingga pengelolaan keuangan daerah “selamat dunia akhirat”. 

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan Edy Karim menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tabalong yang telah memberikan kepercayaan kepada BPKP untuk turut serta dalam proses pembangunan, khususnya untuk mendukung peningkatan akuntabilitas keuangan daerah.

Berkaitan dengan PPK BLUD, Edy Karim menguraikan bahwa BLUD merupakan salah satu pola yang diberikan oleh pemerintah dalam mendukung peningkatan kinerja Puskesmas sebagai unit pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dengan fleksibilitas yang diberikan sebagai BLUD, puskesmas diharapkan dapat lebih cepat, lebih baik dan lebih bermutu dalam menjawab kebutuhan publik dalam bidang pelayanan kesehatan.  Lebih lanjut dinyatakan bahwa dokumen persyaratan administratif merupakan langkah awal yang harus disusun untuk mendapatkan status BLUD.

Setelah Puskesmas telah ditetapkan sebagai BLUD, seperangkat infrastruktur harus dipenuhi, sejak penganggaran sampai dengan pemanfaatan seluruh fleksibilitas yang diberikan. Di Akhir sambutannya Kepala Perwakilan BPKP Kalimantan Selatan menyatakan kesanggupan BPKP untuk terus membantu mengawal akuntabilitas Puskesmas agar dapat meningkatkan kinerja dan terhindar dari permasalahan.

Setelah rangkaian acara serah terima dokumen administratif pada 5 (lima) puskesmas (Hikun, Haruwai, Murung Pudak, Kelua dan Muara Uya) dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan kepada Sekretaris Daerah, dilanjutkan dengan pembekalan kepada Tim Penilai tentang tata cara penilaian dokumen administratif. Selain tim penilai, turut hadir dalam pembekalan adalah pokja lima puskesmas dan staf Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong. Bertindak sebagai narasumber adalah Kepala Bidang Akuntan Negara BPKP Kalimantan Selatan dan staf.

(Sary/BPKP Kalsel) / BO