Bimtek Lanjutan Penilaian Risiko Kabupaten Tanah Datar

“Yang paling penting tetap menjadikan Pemda Tanah Datar sebagai pilot project dari program-program unggulan BPKP”

Senin (14/4/2014) bertempat di Aula Kantor Bupati Tanah Datar telah dilakukan pembukaan Bimbingan Teknis Lanjutan Penilaian Risiko SPIP. Pembukaan dilakukan oleh Bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Tanah Datar Drs. Hardiman. Turut Hadir dalam pembukaan tersebut Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Arman Sahri Harahap, Kepala Bidang APD Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Darmawan, Asisten III Ali Nursal Noer dan  Inspektur Tanah Datar Arsal Ummah. Deputi Kepala Bidang BPKP Pusat Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Dadang Kurnia, berkenan menjadi keynote speech dalam acara pembukaan bimtek tersebut.

Bupati Tanah Datar dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Datar, menyatakan Bimtek Lanjutan Penilaian Risiko bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya penerapan sistem pengendalian intern dalam pelaksanaan tugas agar dapat mewujudkan opini yang baik dari  BPK serta mewujudkan pemerintahan yang baik, transparan, akuntabel, efektif dan efesien.

Lebih lanjut Bupati Tanah Datar mengatakan “yang paling penting tetap menjadikan Pemda Tanah Datar sebagai pilot project dari program-program unggulan BPKP”. Menyikapi pemberlakukan PP 71/2010 dan Permendagri Nomor 64/2013 Bupati Tanah Datar juga mengharapkan agar Perwakilan BPKP Sumatera Barat menomorsatukan Pemda Tanah Datardalam rangka pemberian pelatihan terhadap pengelolaan keungan maupun dalam rangka program simda keungan dan aset sesuai dengan akuntansi berbasis akrual

Dalam paparannya, Dadang mengingatkan bahwa SPIP merupakan kegiatan yang tidak akan pernah berhenti (never ending process) selama organisasi/pemerintah daerah itu ada. Bimtek Lanjutan Penilaian Risiko diikuti oleh  Sekretaris, Kabid Dinas/ Kantor sebanyak 36 orang, kepala Kantor 6 orang dan camat sebanyak 14 orang dengan jumlah keseluruhan 56 orang, direncanakan dari tanggal 15 – 17 April 2014 bertempat di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat.

(ikn) (x..)