Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan

INFO KINERJA KANTOR PERWAKILAN

Akuntabilitas sebagai salah satu pilar tata kepemerintahan yang baik, merupakan pertanggungjawaban atas mandat yang melekat pada suatu lembaga. Berangkat dari pemikiran tersebut,  Perwakilan  BPKP  Provinsi Kalimantan Selatan menyusun Laporan Kinerja (LKj) Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2015. Proses penyusunan Laporan Kinerja Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2015 berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah dan Inpres 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Proses tersebut dimulai dengan perancangan kinerja, pengumpulan data kinerja dan berakhir dengan penyusunan laporan kinerja.

Selain itu, penyajian informasi dan penyusunan Laporan Kinerja Perwakilan BPKP Kalimantan Selatan Tahun 2015 ini juga mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 20 Tahun 2004 tentang Rencana Kerja Pemerintah, PP Nomor 21 Tahun 2004 tentang Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga, Peraturan Presiden Nomor 29 tahun 2014 tentang SAKIP serta Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah yang pada intinya melaporkan hasil sebagai kinerja program dan keluaran sebagai kinerja kegiatan.

Laporan Kinerja ini berfungsi sebagai alat akuntabilitas kinerja bagi Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan selama tahun 2015 dengan melandaskan pada pelaksanaan mandat yang diemban oleh organisasi. Selain fungsi akuntabilitas, Laporan Kinerja ini sekaligus memenuhi kebutuhan internal Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan guna melakukan analisis dan evaluasi kinerja dalam rangka penyempurnaan kinerja organisasi secara menyeluruh dan berkelanjutan. Laporan Kinerja ini menyajikan dan mengupas capaian kinerja sasaran program dan kegiatan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan. Indikator kinerja yang digunakan untuk mengukur kinerja tersebut sebanyak lima indikator kinerja sasaran program dan lima indikator kinerja sasaran kegiatan.

Hasil penilaian sendiri (self assessment) menunjukan Perwakilan BPKP Kalimantan Selatan Tahun 2015 telah mengupayakan kinerja yang optimal dalam mencapai sasaran program dan kegiatannya. Capaian tersebut ditunjukkan melalui capaian masing-masing indikatornya. Uraian hasil self assessment kinerja Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan sebagai berikut:

1.     Sebanyak 4 (empat) dari 5 (lima) sasaran program Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan telah mencapai hasil optimal yaitu:

1)    Meningkatnya kualitas Akuntabilitas Keuangan Negara yang diindikasikan dengan ditindaklanjutinya rekomendasi hasil pengawasan;

2)    Meningkatnya Kualitas Penerapan SPI pada pemerintah daerah;

3)    Tersedianya dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis lainnya dalam mencapai kepuasan layanan;

4)    Termanfaatkannya aset secara optimal dalam mencapai kepuasan layanan pegawai;

Sasaran program yang belum mencapai hasil optimal ialah Meningkatnya Kapabilitas Pengawasan Intern K/L/P.

2.     Sebanyak 5 (lima) sasaran kegiatan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan telah tercapai secara optimal dengan rincian sebagai berikut:

  1. Rekomendasi Hasil Pengawasan tercapai 100,00%
  2. Rekomendasi Pembinaan Penyelenggaraan SPIP tercapai 100,00%
  3. Rekomendasi Pembinaan Kapabilitas APIP tercapai 100,00%
  4. Laporan Dukungan Manajemen Perwakilan BPKP tercapai 100,00%
  5. Tersedianya sarana dan prasarana BPKP tercapai 100,00%

Jika ditilik menurut perbandingan capaian kinerja dengan renstra 2015-2019 maka capaian kinerja Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan masih harus ditingkatkan lagi.

Hasil penilaian sendiri (self assessment) terhadap Sistem AKIP Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan pada akhir Desember 2015 menunjukan skor/nilai 91,42 yang masuk pada kategori “AA/MEMUASKAN”. Rincian Lembar Kriteria Evaluasi AKIP disajikan pada Lampiran 6.

Untuk mencapai target kinerja outcome dan output seperti yang telah diuraikan di atas, Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan didukung dengan anggaran dana sebesar Rp28.072.416.000,00 dengan realisasi sebesar Rp26.784.415.036,00 atau 95,41% dari anggarannya.


Share   
PROFIL
Visi Misi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Tugas dan Fungsi
Sejarah
Produk & Layanan
RENSTRA
Wilayah Kerja
DOKUMEN PUBLIK
ATURAN PERILAKU PEGAWAI BPKP
LAPORAN KEUANGAN
KINERJA KANTOR PERWAKILAN
Informasi Kinerja
LAKIP
Kapitalisasi Prestasi dan Kinerja BPKP
PROGRAM DAN KEGIATAN
Program dan Kegiatan
Jadwal Kegiatan dan Anggaran
Target Program dan Kegiatan
 
KONTAK KAMI
Perwakilan BPKP Prov. Kalimantan Selatan

Alamat :
Jl. Jend. A. Yani Km. 32,5
Banjarbaru - 70711
Telp: (0511) 4781116
Fax. : (0511) 4774501

E-mail :

kalsel@bpkp.go.id

humas.kalsel@bpkp.go.id

----------------------------------------------------

BANUA BAPADAH EDISI KE-6

SEPTEMBER 2016
 

UNDUH DI SINI

 

  Sejarah


 Galeri Foto


    

  Peta Wilayah