Jadi Narasumber Sharing Session PT Pusri, Kaper BPKP Sumsel Tekankan Prinsip GCG Untuk Cegah Fraud

PALEMBANG (4/7) Bertempat di Gedung Musi, Auditorium Pendidikan dan Pelatihan PT PUsri Palembang, Kepala Perwakilan hadir didampingi Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi II, Ahmad Fauzi, menjadi Narasumber dalam acara Sharing Session "Corporate Fraud Prevention pada Penjualan Pupuk dan Pengadaan Barang Jasa di PT. PUSRI Palembang" pada tanggal 4 Juli 2022. Hadir pula secara langsung Direktur Utama PT Pusri, Tri Wahyudi Saleh, Direktur Keuangan, Saifullah Lasindrang, seluruh SPV dan VP.
 
Dalam paparannya, Kepala Perwakilan BPKP menyampaikan beberapa poin penting antara lain Indeks CPI Indonesia tahun 2021, Ranah Korupsi Korporasi, Pencegahan dengan Gerakan Profesional Berintegritas, Konsep Sistem Pencegahan dan Proses Manajemen Korporasi yang Akuntabel, Prinsip-prinsip GCG (Good Coorporate Governence). Beliau menekankan empat point utama penyebab fraud berdasarkan teori GONE (GONE theory) kepada segenap partisipan, "Empat Poin penting yang menjadi fokus untuk kita cermati hari ini yaitu Greed, Opportunity, Need, dan Exposure, dalam hal ini etika bisnis berlandaskan prinsip-prinsip GCG merupakan salah satu pencegahan fraud dalam suatu perusahaan".
 
Direktur Utama PT Pusri menyampaikan rasa terima kasih kepada Kepala Perwakilan yang sudah hadir secara langsung untuk menjadi Narasumber. Tri Wahyudi Saleh juga menyampaikan pentingnya acara ini, "Acara ini penting bagi kita Insan Pusri untuk terus menggali informasi mengenai tata kelola yang baik dalam upaya mempertahankan eksistensi perusahaan kedepannya" imbaunya.
 
Ahmad Fauzi, selaku Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi II di BPKP Sumsel, dalam paparannya menyampaikan Strategi Pengendalian Kecurangan dan langkah Dalam Pencegahan Fraud, “Strategi Pengendalian Kecurangan dalam suatu perusahaan dapat dilakukan dengan CDR, yaitu Cegah, Deteksi dan Respon”, jelasnya. “Root Cause Analysis, merupakan satu langkah pertama dalam pencegahan fraud” ungkapnya pula pada akhir paparan.
 
(Kominfo BPKP Sumsel/tr)