Bidang Polsoskam Sebagai Nara Sumber pada Rakor Gubernur dengan Bupati/Walikota Se-Sumatera Barat

Rapat koordinasi Gubernur dengan Bupati/Walikota Se Sumatera Barat diselenggarakan di Auditorium Gubernuran tanggal 30 Oktober 2010, dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno. Peserta yang hadir sebanyak 175 orang, terdiri dari Bupati/Walikota se Sumatera Barat dan didampingi oleh Ketua DPRD serta Asisten masing-masing daerah. Sedangkan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat hadir seluruh Kepala SKPD. Pada sambutannya, Irwan Prayitno mengungkapkan bahwa terdapat 2 (dua) tujuan yang ingin dicapai, pertama, menyampaikan arahan Presiden pada saat Rakor Kepala Daerah di Makasar, kedua Menggalang partisipasi seluruh Kepala Daerah di lingkungan Provinsi Sumatera Barat untuk membantu mengatasi korban bencana tsunami di Mentawai. Walaupun suasana duka masih terasa akibat bencana tsunami di Mentawai, namun diharapkan tugas-tugas penting tetap harus diselenggarakan secara baik, ujarnya.

Deputi PIP Bidang Polsoskam, Iman Bastari hadir sebagai narasumber menyampaikan materi dengan tema "Peningkatan kinerja dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah serta efektivitas pengadaan barang/jasa pemerintah". Iman Bastari menyampaikan kesiapan BPKP untuk mendukung Pemerintah Daerah dalam mencapai Visi, Misi dan Tujuannya. Dalam melaksanakan tugasnya, prioritas BPKP lebih kepada fungsi Preventif, Quality Assurance dan membangun SPIP agar pemerintah dapat bekerja lebih baik dalam melayani masyarakatnya.

Selanjutnya Rapat Koordinasi diisi dengan empat pembicara lainnya yaitu Dirjen Otonomi Daerah, Djohermansyah Djohan, Direktur Anggaran Daerah, Kepolisian Daerah Sumatera Barat dan Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat.

Disela acara tersebut Deputi PIP Bidang Polsoskam berkesempatan menyerahkan bantuan dari Keluarga Besar BPKP Pusat dan BPKP Perwakilan Sumatera Barat untuk korban bencana tsunami mentawai berupa uang tunai sebesar Rp. 50 Juta dan 5 (lima) koli pakaian. Setelah sesi penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan diskusi yang dilaksanakan secara antusias oleh seluruh peserta, pertanyaan-pertanyaan pun banyak yang disampaikan kepada narasumber sehingga memakan waktu selama 1 (satu) jam.