Sinergi Berantas Korupsi di Wilayah Povinsi Sumatera Barat

PADANG – Dalam rangka optimalisasi pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi, Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) melaksanakan Rapat Dengar Pendapat Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Aparat Penegak Hukum Provinsi Sumatera Barat bersama dengan jajaran Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, Kepolisian Daerah Sumatera Barat, Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat, Pengadilan Tinggi, dan Inspektorat Provinsi Sumatera Barat, Senin (20/6).

Acara dibuka langsung oleh Ketua Komisi Pemberantas Korupsi Komisaris Jendral Polisi (Purn) Firli Bahuri. Dalam arahannya, Ketua KPK mengatakan bahwa pemberantasan korupsi membutuhkan orkestrasi dengan menciptkakan sistem integrasi nasional. Maka dari itu Sinergi dari BPKP, Kejaksaan, Kepolisian, Pengadilan dan Pemerintah daerah sangat diperlukan untuk pemberantasan korupsi di Wilayah Provinsi Sumatera Barat. Ketua KPK menyampaikan bahwa siapa pun bisa terlibat perkara korupsi atau menjadi koruptor karena ada kekuasaan, ada kesempatan dan kurangnya integritas. Maka dari itu, Mari, Bangun, Jaga dan Pelihara Integritas.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Dessy Adin, menyampaikan bahwa upaya memerangi korupsi di Indonesia tidaklah mudah karena korupsi ditengarai telah mencapai level kompleks dan bersifat sistemik serta melibatkan berbagai unsur dan kepentingan. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan yang bersifat preventif, edukatif, dan responsif. Dalam hal tindakan responsif, Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat telah membantu Aparat Penegak Hukum dalam pemberantasan tindak pidana korupsi melalui kegiatan Audit Investigatif, Audit Penghitungan Kerugian Keuangan Negara (Audit PKKN), dan Pemberian Keterangan Ahli.

Acara dilanjutkan dengan Pelatihan Bersama Peningkatan Kemampuan Aparat Penegak Hukum (APH) dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam Penanganan Perkara Tindak Pidana Korupsi. Diharapkan melalui kegiatan pelatihan bersama ini dapat menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam memerangi dan memberantas tindak pidana korupsi yang terjadi khususnya di wilayah Provinsi Sumatera Barat.

 

Tim Kominfo BPKP Sumbar