Pentingnya Perencanaan yang Matang dalam Pengadaan Barang dan Jasa

Manado – Pengadaan barang dan jasa (PBJ) merupakan kegiatan penting dalam pelaksanaan pembangunan dan keberlangsungan roda pemerintahan. Guna meningkatkan kapasitas dan kemampuan sumber daya manusia dibidang PBJ, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Minahasa Tenggara menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengendalian Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa, Kamis (04/08).

Kegiatan yang diselenggarakan di Swissbel Hotel Manado tersebut, dihadiri Kepala Bidang Bina Konstruksi Dinas PUPR Kabupaten Minahasa Tenggara Lussi Ambarukmi dan diikuti para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada dinas-dinas terkait di Kabupaten Minahasa Tenggara.

Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara Beligan Sembiring dalam kesempatan tersebut menyampaikan materi “Pengawasan Perencanaan Pengadaan Barang dan Jasa”.

Kaper menjelaskan bahwa pengadaan barang dan jasa yang akuntabel sangat ditentukan oleh proses perencanaan. Karena itu, tambah Kaper, proses perencanaan harus dilaksanakan dengan matang dan memenuhi prinsip efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

“Perencanaan yang salah sama juga dengan merencanakan kesalahan” ujar Kaper.

Oleh karena itu, lanjut Kaper, para PPK dapat melakukan identifikasi kebutuhan barang/jasa yang dibutuhkan organisasi secara terukur dengan memperhatikan prinsip efisien, aspek pengadaan berkelanjutan serta penilaian prioritas kebutuhan dalam perencanaan.

Melalui kesempatan ini, Kaper meminta agar peserta terus mengasah diri dan berlatih untuk meningkatkan pengetahuan guna memberikan pelayanan yang terbaik serta dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.

“Lihatlah kasus-kasus permasalahan PBJ, dari situ dapat diambil pelajaran untuk perbaikan kinerja kita”, kata Kaper.

Usai penyampaian materi dari Kaper, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab dari para peserta yang hadir.

 

(Kominfo BPKP Sulut/TH)