BPKP Reviu P3DN Pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan Sulawesi Utara

Airmadidi - Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) merupakan upaya pemerintah secara terus menerus untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Keberhasilan tersebut perlu didukung oleh semua pihak.

Pemerintah berupaya meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dan  menargetkan mengurangi impor setidaknya 400 triliun dari belanja Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah tahun 2022 yang digunakan untuk belanja PDN.

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) diberi amanat untuk melaksanakan pengendalian dan pemantauan progres capaian atas komitmen tersebut. Salah satu proyek yang berkontribusi dalam implementasi P3DN adalah pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan Kabupaten Minahasa Utara.

Guna memastikan progres capaian P3DN telah direalisasikan sesuai kebijakan pemerintah, tim Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara melakukan reviu atas realisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) pada Pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan Kabupaten Minahasa Utara, Rabu (20/07)

Sehubungan dengan hal itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Beligan Sembiring melakukan kunjungan dalam rangka memonitoring tim yang sedang melaksanakan tugas reviu realisasi P3DN pada salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam kunjungannya, kaper mengarahkan tim dan juga berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi I untuk membantu memfasilitasi tim BPKP terkait data-data yang dibutuhkan selama proses reviu dilakukan.

Kaper menekankan agar satker proyek membuat strategi yang baik dalam penyelesaian bendungan tersebut agar manfaat yang telah ditetapkan dapat segera dinikmati oleh masyarakat.

Kaper didampingi Korwas IPP Setiawan Wahyudiyono dan diterima langsung oleh Kepala SNVT Pembangunan Bendungan BWS Sulawesi I Janeny Mamoto, PPK Pembangunan Bendungan beserta staf di lokasi pembangunan bendungan.

Kepala SNVT menyampaikan apresiasi kepada BPKP atas pendampingannya dan juga kunjungan kepala perwakilan. BWS, tambahnya, juga akan selalu berkoordinasi dan mendukung kelancaran tugas BPKP dalam proses reviu sampai dengan selesai. Ia berharap kegiatan reviu dapat berjalan maksimal dan berdampak baik bagi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

 

(Kominfo BPKP Sulut/TH/RA)