Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dengan Perencanaan yang Tepat

Boroko – Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara Beligan Sembiring menjadi keynote speech dalam kegiatan Orientasi Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) tahun 2023, Senin (17/01).

Berlangsung di Aula Kantor Bapelitbang Bolaang Mongongdow Utara, kegiatan dibuka oleh Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena serta didampingi Pj. Sekretaris Daerah, Kepala Bapelitbang, serta Kepala BPS Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang juga didapuk sebagai narasumber.

Membuka kegiatan tersebut, Wakil Bupati menyampaikan bahwa kegiatan orientasi penyusunan RKPD merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilaksanakan. Kegiatan tersebut, diharapkan dapat memberikan pemahaman terhadap berbagai regulasi tentang perencanaan pembangunan nasional untuk dapat diterapkan pada penyusunan anggaran tahun 2023.

“Mari kita manfaatkan forum ini seoptimal mungkin dengan memberikan banyak masukan dan informasi”, ujarnya

Selain itu, Wabup juga menyampaikan dan meminta kesediaan BPKP untuk melakukan evaluasi dan perencanaan penganggaran (Evren) tahun 2023.

Usai dibuka Wabup, kegiatan dilanjutkan arahan dari Kaper BPKP Sulut. Beligan Sembiring menyampaikan masih terdapat perencanaan penganggaran yang masih berpaku pada tujuan dan hasil formalitas saja. Sudah saatnya berorientasi pada outcome. Hal itu agar setiap program dan kegiatan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat sesuai dengan indikator yang ditetapkan.

Menanggapi Wabup, Kaper menyampaikan BPKP akan siap dalam memberikan masukkan serta saran dalam evaluasi dan perencanaan penganggaran pada Kabupaten Bolmut.

Sementara itu, Kepala BPS Bolmut menjelaskan pentingnya akurasi data dalam setiap SKPD. Hal itu agar setiap perencanaan dapat disusun dengan cermat dan benar. Ia berharap, agar setiap SKPD dapat memberikan data yang akurat untuk mempermudah proses kompilasi dan validasi di BPS Kabupaten Bolmut. BPS juga sedang berupaya agar data dapat disiapkan secara realtime sesuai dengan kebutuhan khususnya pengukuran efektifitas dan efisien penganggaran dan capaian kinerja.

Kegiatan yang diikuti oleh Staf Ahli, Staf Khusus, Asisten Daerah, para Kepala Dinas, serta para Camat tersebut berlangsung hangat dan lancar serta diselingi dengan diskusi tanya jawab.

 

(Kominfo BPKP Sulut/TH)