BPKP, BI, OJK, & HIMBARA Bersatu Padu Mencegah Korupsi dengan Inovasi SAKU DESA

 

Palu (13/6) – Demi percepatan terobosan SAKU DESA di Provinsi Sulawesi Tengah yang diinisiasi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Evenri Sihombing, Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah menggandeng Bank Indonesia, OJK dan HIMBARA di Provinsi Sulawesi Tengah untuk mendukung  Inovasi SAKU DESA melalui Penandatangan Komitmen Bersama Pencegahan Korupsi Keuangan Desa.

Beberapa tokoh yang hadir dalam acara ini antara lain: Deputi Bank Indonesia Sulawesi Tengah, Gusri Wantoro, Perwakilan OJK Sulteng, Budi Hamdani, Kepala BRI Cabang Palu, Rits J. De Fretes, Kepala BNI Cabang Palu, Sutarno, Kepala BTN Cabang Palu, Sigit Sulistyo, dan Perwakilan Bank Mandiri Area Palu, I Made Suwastika.

“Terimakasih kepada BPKP Sulteng yang telah menginisiasi acara ini dan telah mengundang pihak-pihak untuk dapat bersinergi dan mudah-mudahan dapat tercapai pengembangan ekonomi keuangan dan pembangunan di Sulawesi Tengah serta dapat menekan tingkat korupsi di desa” Ujar Gusri Wantoro, Deputi Bank Indonesia Sulawesi Tengah dalam sambutannya. Ia juga berjanji mendorong seluruh transaksi menjadi non tunai melalui TP2D yang mendorong elektronikasifikasi transaksi untuk mencegah kecurangan pengelolaan keuangan desa.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Evenri Sihombing juga megapresiasi Bank Indonesia yang telah memfasilitasi pertemuan hari ini dan kepada HIMBARA yang telah meluangkan waktunya untuk hadir dalam pertemuan hari ini. “SAKU DESA lahir karena keprihatinan BPKP karena masih banyak Kepala Desa yang mengambil keuangan desa secara tunai dengan jumlah besar dan menyalahgunakan keuangan desa tersebut, maka dengan perkembangan teknologi dan transaksi digital SAKU DESA dapat membatasi transaksi tunai keuangan desa dan mencegah kecurangan pengelolaan keuangan desa” Ucap Evenri disela-sela sambutannya.

Dalam sesi forum diskusi, kepala-kepala cabang HIMBARA dan OJK juga mengapresiasi dan terlihat antusias mengenai SAKU DESA ini. “Kami akan mendorong Bumdes menjadi pemasok dan mendorong optimalisasi transaksi cashless.” Ujar Sutarno, Kepala Cabang BNI Palu “Kita akan siapkan sistem [digital] yang dibutuhkan di lapangan” Ucap Kepala Bank Mandiri Area Palu, I Made Suwastika. Kepala BTN Cabang Palu, Sigit Sulistyo mengajak himbara mengedukasi pola pikir masyarakat tentang transaksi digital. “Kami berkomitmen dalam menyukseskan inovasi SAKU DESA ini. Masing-masing perbankan pasti telah memiliki kriteria produk apa yang dapat diimplementasikan pada inovasi SAKU DESA ini” Ucap Kepala BRI Cabang Palu, Rits J. De Fretes “Saya yakin semua siap menjalankan sistem [Saku Desa] ini. Butuh dukungan regulasi yang mensupport, agar perbankan dapat bergerak sesuai hukum yang berlaku” Tutup Perwakilan OJK Sulteng, Budi Hamdani.

BPKP Kian Bermakna

 

 

Kominfo BPKP Sulteng