BPKP Sulbar Evaluasi Anggaran Pemilu dan Pemilihan

Puji Prastowo bersama dengan Korwas Bidang Investigasi, didampingi oleh Pengendali Teknis Bidang IPP, dan Tim Evaluasi BPKP Sulbar disambut oleh Sekretaris KPU Provinsi Sulawesi Barat beserta staff, dan Sekretaris KPU Kabupaten Mamuju beserta staff di Aula KPU Provinsi Sulawesi Barat.

Entry meeting diawali dengan penyampaian surat tugas Evaluasi atas Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Pemilu dan Pemilihan Tahun 2023 dan 2024 pada KPU Provinsi Sulawesi Barat oleh Puji Prastowo. Selanjutnya disampaikan target KPU dan Bawaslu di wilayah Provinsi Sulawesi Barat yang akan menjadi sampel pengawasan BPKP.

Selanjutnya, Korwas Bidang Investigasi Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat, Sugeng Yoga Marsasi turut menyampaikan surat tugas Penyusunan Profil Risiko Fraud atas Pengelolaan Anggaran Pemilu pada KPU Provinsi Sulawesi Barat. Sugeng menyampaikan bahwa Tim BPKP akan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan pihak KPU dan Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat dan 2 kabupaten untuk memetakan risiko fraud pada pelaksanaan Pemilu.

Acara dilanjutkan dengan tanggapan Sekretaris KPU Provinsi Sulawesi Barat DR. H. Bakhtiar, S. Pd., M. Pd. Bakhtiar menyampaikan bahwa KPU sangat terbuka dan senang dengan kehadiran BPKP dalam pelaksanaan pengawasan atas Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Pemilu dan Pemilihan Tahun 2023 dan 2024. Sebagai penutup, Bakhtiar menekankan kepada seluruh KPU di Wilayah Provinsi Sulawesi Barat agar terbuka kepada tim BPKP. 

Melalui kolaborasi antara BPKP, KPU dan Bawaslu di Sulawesi Barat, diharapkan dapat mengurangi risiko fraud dan membantu tercapainya tujuan Pemilu dan Pemilihan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.