SINERGITAS BPKP SULBAR DAN BRI MAMUJU BANGUN AKUNTABILITAS PENYALURAN KUR

Mamuju (17/06/2022) – Bertempat di Ruang Kerja Kepala Bagian Umum, Koordinator Pengawasan Bidang Akuntan Negara I Komang Asmara beserta pengendali teknis dan PFA menerima kunjungan dari PincabBRI Mamuju Octarez Abiibrahim beserta staf,dalam rangka koordinasi pengawasan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Subsidi Bunga/Subsidi Marjin (SB/SM) KUR bagi penerima KUR terdampak pandemi COVID-19.

Dalam kunjungan tersebut Abi menyampaikan bahwa PincabBRI Mamuju mendapatkan tugas dari Kantor WilayahBRI Sulawesi Selatan sebagai koordinator sehubungan dengan pelaksanaan pengawasan yang akan dilakukan oleh Perwakilan BPKP Sulbar. “Untuk itu, dalam rangka menjamin kelancaran pelaksanaan pengawasan tersebut dipandang perlu untuk melakukan koordinasi dengan BPKP”, ujar Abi.

“Memang betul BPKP akan melakukan pengawasan penyaluran KUR dan SB/SM KUR ini, dan pada tanggal 13 Juni 2022 kemarin sudah dilakukan entry meeting antara Pihak BRI dengan BPKP, termasuk Perwakilan BPKP seluruh Indonesia”, jelas Komang.

“Ini sejalan dengan Agenda Prioritas Pengawasan (APP) BPKP yang di dalamnya termasuk pengawasan terhadap pelaksanaan KUR. Kami dalam hal ini sudah menerima BNBA dari BRI Pusat yang pendistribusiannya dilakukan melalui Kedeputian Bidang Akuntan Negara BPKP, dan pemilihan kantor cabang yang akan dilakukan uji petik nantinya didasarkan pada hasil pemetaan BNBA tersebut berdasarkan kriteria-kriteria tertentu yang menjadi acuan kami”, lanjutnya.

Perwakilan BPKP Sulbar sangat mengapresiasi kunjungan yang dilakukan oleh Pincab BRI Mamuju dan berharap pengawasan ini dapat berjalan dengan lancar sehingga mampu memberikan masukan kepada Pemerintah sebagai bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan. Pertemuan ini merupakan upaya untuk membangun sinergi dalam rangka menciptakan penyaluran KUR dan SB/SM KUR yang akuntabel.

(Humas BPKP Sulbar/Eko)