Transfer Knowledge Melalui Aplikasi SIMDA

Demikian Disampaikan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau ketika membuka acara Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Daerah dengan Menggunakan Aplikasi SIMDA pada 26 Pebruari 2013 di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Riau. Sosialisasi yang mengambil tema “Upaya Peningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah dengan Cepat dan Tepat” ini diikuti oleh Inspektorat Provinsi/Daerah dan Biro Keuangan yang berjumlah 30 orang ini bertujuan untuk memperkenalkan Aplikasi SIMDA terbaru yang dimiliki oleh BPKP yang sudah berbasis IT.

 

Pada kesempatan itu, Kepala Perwakilan BPKP Riau menjelaskan secara singkat bahwa terdapat 4 (empat) Aplikasi SIMDA yang dimiliki BPKP yang diantaranya yaitu : SIMDA Keuangan, SIMDA Aset, SIMDA Gaji dan SIMDA Pendapatan dimana masing-masing SIMDA ini tidak hanya digunakan untuk menginput saja, tetapi bisa juga digunakan untuk membuat perencanaan hingga pelayanan. Selain itu, SIMDA ini juga memiliki validasi apabila terjadi selisih langsung dapat di-warning sehingga kesalahan dapat diminimalisir. Mulyana juga menambahkan BPKP selaku auditor pemerintah semaksimal mungkin memberikan transfer knowledge hingga pada saatnya nanti apabila aplikasi SIMDA sudah berjalan, Auditor BPKP hanya perlu memberikan bimbingan dan pantauan pada waktu tertentu saja.

 

Diakhir sambutannya, Kepala Perwakilan mengajak seluruh peserta untuk bersama-sama menuju upaya pengelolaan keuangan daerah yang bersih dan bebas KKN dengan menekan penyimpangan sekecil mungkin sehingga laporan keuangan menjadi wajar dan berharap BPKP bersama inspektorat dapat mensosialisasikan SIMDA ini kepada jajaran SKPD agar peningkatan kualitas akuntabilitas keuangan negara/daerah dapat tercapai dengan baik.

 

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi SIMDA oleh Kepala Bidang APD, Rustam, SE yang mendemontrasikan penggunaan Aplikasi SIMDA kepada para peserta sosialisasi.

 

(Humas BPKP Riau, Adi)