Dari Akuntabilitas Kepada Public Trust

Demikian cuplikan sambutan dari Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Mulyana dalam acara  kick of meeting pendampingan penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2013 dan penyelesaian Laporan Keuangan Tahun 2012 Pemerintah Kota Dumai yang dihadiri oleh seluruh Kepala SKPD dan Camat di lingkungan Pemerintah Kota Dumai. Acara tersebut diselenggarakan di Gedung Daerah Kota Dumai - Jumat 01 Pebruari 2013.

Dalam kesempatan tersebut,  Mulyana menyampaikan pentingnya  beberapa values dan efektivitas internal control yang harus dibangun agar pengelolaan keuangan bisa tercapai dengan baik.  Mulyana juga mengatakan pengelolaan keuangan yang baik tercermin dalam indikator Opini WTP, mencerminkan tingkat risiko yang kecil terkait terjadi penyimpangan yang bersifat KKN, serta mendorong kepercayaan publik kepada pemerintah "Opini WTP memberikan keyakinan yang memadai bahwa tingkat risiko terjadinya korupsi pada instansi pemerintah lebih rendah dibanding yang belum WTP. Demikian pula dengan WTP akan semakin mendorong kepercayaan publik termasuk stakeholders instansi pemerintah" Demikian ungkap Mulyana yang juga memberikan ucapan penghargaan yang tulus kepada Walikota Dumai yang dengan kesungguhannya sudah berupaya keras untuk mewujudkan pengelolaan keuangan yang akuntabel.

Dalam sambutannya Walikota Dumai, Khairul Anwar menggaris bawahi pentingnya values sebagaimana yang disampaikan oleh Loyalty, Integrity, Commitment, Consistency, yang menurutnya jika ditambah internal control, dan Neutral atau disingkat LICCIN harus dibangun dan dikembangkan di lingkungan Pemerintah Kota Dumai sehingga  menjadi pendorong dalam rangka pencapaian akuntabilitas dan public trusted "Kita akan kembangkan LICCIN menjadi nilai-nilai yg hidup dan berkembang di lingkungan kita sehingga dapat menjadi pendorong Pemerintah Kota Dumai berakuntabilitas dan mencapai public trusted".

Di penutup acara Khairul Anwar juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yg sebesar-besarnya atas komitmen Perwakilan BPKP Provinsi Riau dalam mendukung pengelolaan keuangan daerah dan pengawalan terhadap program-program strategis Pemerintah Kota Dumai.

(Humas BPKP Riau)