BLUD RSUD : Masyarakat Mendapatkan Pelayanan yang Lebih Baik

Untuk tujuan tersebutlah,  Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Mulyana pada hari Kamis, 6 Desember 2012, dalam kunjungannya di Kabupaten Rokan Hulu menyempatkan diri berkunjung ke RSUD Rokan Hulu yakni melihat sejauh mana implementasi  pelayanan kesehatan di RSUD Rokan Hulu. Kunjungan kali ini ditemani langsung oleh Direktur RSUD Rokan Hulu  Nazli Arfani dan Ketua tim  Audit Kinerja  dari BPKP Perwakilan Riau Jondra Jayaputra Manurung beserta tim.  Hal ini juga terkait dengan penugasan-penugasan yang telah dilaksanakan oleh BPKP Perwakilan Riau di RSUD Rokan Hulu. Dengan melihat langsung kondisi nyata di lapangan  diharapkan penugasan yang telah dan akan dilakukan bisa tepat sasaran dan tepat guna.

Direktur RSUD menjelaskan secara keseluruhan fasilitas-fasilitas yang sudah dan akan dibangun, sistem-sistem yang sudah berjalan,serta kondisi pengelolaan BLUD. Dalam kesempatan tersebut Direktur RSUD juga menyampaikan ucapan   terimakasih atas pendampingan dan juga audit yang telah dilaksanakan oleh BPKP dan  juga tetap meminta pendampingan dari BPKP untuk masa yang akan datang  tidak berkurang bahkan diharapkan dapat ditingkatkan

RSUD Rokan Hulu merupakan Rumah Sakit Umum Daerah yang telah mendapatkan persetujuan untuk mengelola keuangannya dengan metode pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum Daerah dan telah berjalan 2 tahun lebih. Saat ini RSUD Rokan Hulu merupakan salah satu Rumah Sakit yang terbaik di Provinsi Riau  dalam hal peningkatan kinerja setelah BLUD. RSUD ini tercacat mengalami kenaikan pendapatan dan kinerja yang signifikan setelah dikelola secara tata kelola keuangan BLUD yang mana dengan peningkatan pendapatan dan kinerja  tersebut diikuti dengan peningkatan fasilitas-fasilitas yang ada di RSUD.

.Ruang Perawatan VIP yang nyaman, Ruang Perawatan Kelas yang bersih, fasilitas fasilitas operasi dan fasilitas pendukung yang canggih,  serta bantuan komputerisasi yang sedang dikembangkan merupakan pemandangan yang terlihat pada saat kunjungan tersebut. Kepala Perwakilan menekankan bahwa dengan BLUD yang terpenting adalah RSUD tidak lupa terhadapap pelayanannya terhadap masyarakat dikarenakan kesibukan-kesibukan persiapan BLUD, mengerjakan fasilitas-fasilitas baru serta pengelolaan keuangan dengan mindset yang baru. Karena dengan alasan apapun tujuan semua ini berpulang  apakah semua ini sampai kepada masyarakat, apakah masyarakat sebagai pengguna bisa terlayani dengan baik dan memberikan kepuasan ,hal seperti inilah yang  tidak bisa begitu saja terabaikan meskipun secara fisik fasilitas telah tersedia dengan sangat baik.