MoU Nota Kesepahaman antara Pemko Pekanbaru dan BPKP Riau “Langkah Awal Menuju WTP”

Pekanbaru, 3 Desember 2012, telah dilaksanakan penandatanganan MoU Nota Kesepahaman antara BPKP dengan Pemerintah Kota Pekanbaru di Aula Sultan Hotel Mutiara Merdeka. Acara yang dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP, Mulyana yang didampingi oleh Kabid APD, Jaya Rahmad serta Walikota Pekanbaru, Firdaus ST, MT dan para Pejabat di Kota Pekanbaru ini juga dilaksanakan Sosialisasi Standart Operating Procedure (SOP) Pengelolaan Persediaan bagi SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau. Acara dimulai dengan Laporan Pelaksanaan SOP yang di sampaikan oleh Kepala Bagian Keuangan Pemko Pekanbaru, H. Dasrizal  yang kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Kota Pekanbaru dan Perwakilan BPKP Provinsi Riau.

 

Kepala Perwakilan BPKP Riau dalam sambutannya mengatakan Pekanbaru yang memiliki slogan “Kotaku Kotamu Kota kita Bertuah (bersih, tertib, usaha bersama, aman dan harmonis) yang menjadi kebanggaan masyarakat Pekanbaru memiliki visi menjadikan Pekanbaru sebagai pusat perdagangan dan jasa, pendidikan serta pusat kebudayaan yang mengedepankan ilmu pengetahuan insyaallah dapat tercapai dengan baik. Mulyana juga mengatakan, Pemerintah Kota Pekanbaru dapat  meraih WTP kembali dari WDP yang didapat sekarang ini dengan mencapai public trust melalui penerapan SPIP dan Anti Korupsi, Reformasi Birokrasi dan mengembangkan budaya kerja salut.. Di akhir sambutannya, Kepala Perwakilan berharap agar para pimpinan SKPD tidak hanya memiliki komitmen tetapi juga dapat menjadi role model bagi bawahannya sehingga semua rencana aksi yang sudah ditetapkan dalam rangka peningkatan akuntabilitas keuangan negara dapat terlaksana secara baik.

 

Walikota Pekanbaru, Firdaus ST, MT dalam sambutannya mengatakan bahwa penandatanganan MoU Kesepahaman ini merupakan bentuk komitmen keseriusan Pemerintahan Kota Pekanbaru bekerjasama dengan BPKP Provinsi Riau dalam mengelola laporan keuangan dengan baik dan berharap BPKP dapat terus mendampingi dan membina SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru. Selain itu, Firdaus  juga berharap kepada seluruh SKPD yang mengikuti sosialisasi ini agar benar-benar menghayati dan memahami penyampaian yang ditaja oleh penyaji tentang SOP Pengelolaan Persediaan sehingga kedepannya dapat menjadi pedoman dan menambah wawasan serta meningkatkan kualitas kerja yang profesional sehingga akan terimplementasi Laporan Keuangan yang akuntabel untuk meraih kembali predikat WTP. Di akhir sambutannya, Walikota mengucapkan terima kasih kepada BPKP yang telah membantu baik dalam pendampingan maupun konsultasi atas rencana aksi menuju WTP tahun 2013.

 

(Humas BPKP Riau, ADI)