Rapat Kerja Tim Asistensi & Supervisi Percepatan Persiapan Penyelenggaraan PON XVIII Riau Tahun 2012

Selasa, 11 September 2012 pukul 11.00, bertempat di Aula Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Riau, telah dilaksanakan rapat kerja Tim Asistensi dan Supervisi Percepatan Penyelenggaraan PON XVIII Riau Tahun 2012. Tim ini terdiri dari lintas Kementerian/Lembaga. Adapun yang hadir antara lain: unsur BPKP Pusat dan Perwakilan BPKP Provinsi Riau (dipimpin langsung oleh Kepala BPKP, Mardiasmo), Deputi Menkokesra, Irjen Depdagri, Ditjen Keuangan Daerah Depdagri, Kemenpora, LKPP, Kejaksaan Agung, Kepolisian, dan Biro Keuangan Pemerintah Provinsi Riau.

 

Rapat tersebut membahas perkembangan terakhir hasil asistensi dan supervisi yang telah dilakukan oleh masing-masing instansi yang terlibat dalam tim asistensi dan supervisi.  Dalam rapat tersebut Kepala BPKP menguraikan tentang  anggaran penyelenggaraan PON XVIII (termasuk anggaran pembangunan sarana dan prasarana venue pertandingan), permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh PB.PON dan Pemerintah Daerah, serta atensi-atensi yang telah diberikan oleh BPKP dalam rangka pemecahan masalah-masalah tersebut.  Selain itu beliau juga menyampaikan masalah-masalah yang belum terpecahkan dan perlu segera diberikan atensi, antara lain masalah pencairan dana, pertanggung jawaban, pengadaan barang dan jasa terkait opening dan closing ceremony, transportasi dan lain-lain. Demikian juga peserta dari kementerian/lembaga lain, juga mengungkapkan permasalahan yang diasistensi dan atensi yang telah diberikan oleh masing-masing kementerian/lembaga.

 

Hasil rapat antara lain menyimpulkan bahwa tim asistensi dan supervisi yang bertugas di lapangan baik dari BPKP (menugaskan sekitar 30 orang personil yang dipimpin langsung oleh Kepala BPKP), Kemendagri, LKPP, Kejaksaan Agung, Kepolisian , dan instansi lainnya, telah melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai ketentuan dan tupoksi masing-masing, serta tetap menjaga independensi dan profesionalisme. Tim asistensi dan supervisi (terutama BPKP, LKPP, Kejaksaan, dan Kepolisian) telah menyampaikan cukup banyak atensi lisan maupun tertulis dalam rangka membantu PB.PON dalam penyelenggaraan PON XVIII Riau Tahun 2012. Oleh karena keberhasilan tim asistensi dan supervisi antara lain diukur dari sejauhmana PON XVIII Riau Tahun 2012 terlaksana dengan baik, maka tim asistensi dan supervisi senantiasa mendorong agar pihak PB.PON segera menindaklanjuti atensi yang telah diberikan.

 

(Tim Humas Riau –Zul)