Asisten 1 Kabupaten Indragiri Hilir: BLUD untuk Pelayanan yang Lebih Optimal

Tembilahan, 12 April 2012, bertempat di Balai Utama Kantor Bupati Indragiri Hilir, telah diselenggarakan Sosialisasi Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) pada Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Kabupaten Indragiri Hilir. Acara dihadiri oleh Asisten 1, para pimpinan dan jajaran RSUD di lingkungan Kabupaten Indragiri Hilir: RSUD Puri Husada, RSUD Raja Muda, dan RSUD Tengku Sulung,  serta perwakilan dari instansi terkait: Dispenda, Inspektorat, dan Bagian Hukum Sekretariat Daerah.

 

Asisten 1 Kabupaten Indragiri Hilir Said Ismail dalam sambutan pembukaan menyampaikan terima kasih atas kesediaan Perwakilan BPKP Provinsi Riau untuk menjadi narasumber Sosialisasi PPK-BLUD. Kondisi geografis Kabupaten Indragiri Hilir yang memiliki beberapa pulau sehingga ada beberapa kecamatan yang memiliki RSUD tersendiri seperti RSUD Raja Muda dan RSUD Tengku Sulung, selain RSUD Puri Husada yang berada di Tembilahan, pusat Kabupaten Indragiri Hilir. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan semua RSUD tersebut dapat segera bertransformasi menjadi BLUD sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat dapat lebih optimal.

 

Narasumber dari Perwakilan BPKP Provinsi Riau yang diwakili oleh Jondra Manurung turut mengucapkan terima kasih atas sambutan baik yang diberikan oleh pimpinan Kabupaten Indragiri Hilir serta manajemen RSUD. Sosialisasi ini merupakan transfer of knowledge pentingnya pembentukan BLUD bagi RSUD sebagai institusi yang melayani kesehatan masyarakat. Melalui BLUD, fleksibilitas yang didapat dalam pengelolaan keuangan serta pengadaan barang / jasa diharapkan dapat mengoptimalkan pelayanan. BPKP juga selalu siap dalam mendampingi SKPD yang bertekad mengoptimalisasi pelayanan masyarakat melalui pembentukan BLUD.

 

Direktur RSUD Puri Husada dr. Irianto, Sp.PD dalam simpulan akhir sosialisasi mengucapkan terima kasih atas ilmu yang diberikan, semoga para peserta dapat meresapi serta menggesa pembentukan BLUD penuh bagi RSUD di lingkungan Kabupaten Indragiri Hulu. Melalui sosialisasi ini diharapkan kerjasama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Riau dapat lebih baik lagi di masa yang akan datang.

 

(Tim Humas Riau - Fz)