Pelaksanaan Kegiatan Rencana Aksi Menuju Opini WTP

Pertemuan tersebut membahas penyelesaian selisih kas yang jumlahnya cukup material dan terkait dengan hasil audit investigasi yang telah dilakukan sebelumnya oleh BPK-RI Pusat. Pembahasan ini merupakan tindaklanjut rencana aksi yang sudah disepakati sebelumnya antara Pemda Kabupaten Inhu dengan Perwakilan BPKP Provinsi Riau.

Sebelumnya bertempat di Perwakilan BPKP Provinsi Riau sudah dilakukan ekspose perkembangan penugasan tim BPKP yang sedang berlangsung di Pemda Kabupaten Inhu terkait dengan penyelesaian permasalahan-permasalahan yang dikecualikan dalam laporan hasil pemeriksaan BPK-RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kab. Inhu tahun 2009 dan 2010.

Selisih kas belum dapat ditelusuri oleh tim BPKP Provinsi Riau karena minimnya data yang ada di Pemerintah Daerah, sebahagian besar masih di pergunakan tim investigasi BPK-RI Pusat, untuk itu perlu bantuan Perwakilan BPK–RI Provinsi Riau memfasilitasi perolehan data-datanya dengan BPK-RI Pusat.

Pada kesempatan tersebut Kalan BPK-RI Provinsi Riau menyambut baik inisiatif pemda dan Perwakilan BPKP serta menyanggupi untuk membantu secara internal, dan sebelumnya sudah dilakukan komunikasi dengan BPK-RI Pusat.

Semoga pelaksanaan rencana aksi dengan pemda Kabupaten Inhu bisa berjalan dengan baik. Optimisme ini terlihat dari kegiatan pembenahan aset yang merupakan salah satu permasalahan pokok, sudah hampir tuntas.

 

Humas BPKP Riau (oke)