Bupati Rokan Hulu: Tindak Lanjut Temuan untuk Meraih WTP

Pasir Pengaraian, 7 Desember 2011, bertempat di Hotel Sapadia, telah diselenggarakan Gelar Pengawasan Daerah Kabupaten Rokan Hulu. Acara dibuka oleh Bupati Rokan Hulu Drs. Achmad, M.Si. dan dihadiri oleh Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Asisten Kepala Daerah, Kepala Dinas dan staf di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.

 

 Bupati Rokan Hulu Drs. Achmad, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui Gelar Pengawasan Daerah (Gelarwasda) ini diharapkan satuan kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dapat segera menindaklanjuti temuan hasil pemeriksaan yang masih tersisa dari tahun anggaran berjalan maupun sebelumnya sebagai upaya meraih opini WTP. Kehadiran Perwakilan BPKP Provinsi Riau sebagai salah satu narasumber juga sangat bermanfaat untuk transfer knowledge upaya percepatan tindak lanjut temuan, sehingga fungsi pengawasan dan peran aparatur pengawas dapat optimal.

 

 Perwakilan BPKP Provinsi Riau yang dalam hal ini diwakili Kepala Subbag Program dan Pelaporan Fauqi Achmad Kharir dalam paparannya menjabarkan peran dan fungsi BPKP sebagai aparatur pengawas yang menjalankan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2011 tentang Percepatan Peningkatan Kualitas Akuntabilitas Keuangan Negara. Dalam mewujudkan peran tersebut BPKP melaksanakan berbagai kegiatan di bidang pengawasan meliputi sosialisasi, asistensi, audit,  monitoring, dan evaluasi. Kepala Subbag Prolap BPKP Riau juga menekankan perlunya percepatan tindak lanjut hasil pemeriksaan supaya opini WDP yang masih diperoleh oleh Kabupaten Rokan Hulu dapat ditingkatkan ke WTP.

 

Inspektur Kabupaten Rokan Hulu Zulfikar Achmad menyatakan terima kasih atas paparan BPKP yang memberikan pemahaman terhadap langkah-langkah yang diperlukan oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dalam menindaklanjuti temuan hasil pemeriksaan. Diharapkan melalui Gelarwasda ini kerjasama yang sinergis di bidang pengawasan antara Inspektorat Kabupaten Rokan Hulu dan Perwakilan BPKP Provinsi Riau dapat lebih baik ke depan sebagai perwujudan good government and clean governance.

 

(iDo)