RAKORWASDA Provinsi Riau: Tingkatkan Efektifitas Penyelenggaraan SPIP di Provinsi Riau

Bertempat di Balairung Hotel Pangeran Pekanbaru tanggal 03 November 2011 telah diselenggarakan RAKORWASDA Provinsi Riau. Acara yang diselenggarakan oleh Inspektorat Provinsi Riau dihadiri dan dibuka oleh Wakil Gubernur Riau, H. Raja Mambang Mit.

Dalam pidato pembukaan beliau mengungkapkan pentingnya perubahan paradigma APIP dalam menyelenggarakan pengawasan. Beliau menekankan bahwa pengawasan adalah hal yang berbeda dengan pemeriksaan. Pengawasan adalah bagian dari sistem pengendalian  bukan seperti pemeriksaan yang semata-mata mencari kesalahan namun  bagaimana menata dan memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut sehingga terwujud pengendalian yang baik.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Lucky Agus Janapria sebagai Panelis  memberikan pemaparan singkat mengenai pentingnya SPIP. Untuk membangun SPIP sangat diperlukan komitmen pimpinan sehingga tahapan SPIP bisa diterapkan. BPKP sebagai pembina penyelenggaran SPIP bersedia bahu membahu bersama Pemerintah Daerah mendampingi setiap tahapan SPIP mulai dari tahap pemahaman, diagnostic, norming, forming dan performing SPIP itu sendiri.

 

Di akhir pemaparan, beliau menutup dengan sebuah pantun:

“Dari Jambi ke Serolangon,

Lewat di Kabupaten Batanghari,

Kalau SPIP hendak dibangun,

Mulailah dari diri sendiri”.

 

(wide-Humas Riau)