Penandatanganan Naskah Kerja Sama Universitas Riau dengan BPKP

Bertempat di Gedung Rektorat Universitas Riau pada tanggal 19 Juli 2011 telah ditandatangani Nota Kesepahaman Kerjasama antara Universitas Riau (UR) dengan BPKP tentang Kerja Sama Pendampingan Implementasi Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum. Penandatanganan dilakukan oleh Rektor Universitas Riau yang diwakili Pembantu Rektor I UR, Aras Mulyadi dan Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polsoskam, Achmad Sanusi. Hadir dalam penandatanganan ini adalah para Pembantu Rektor UR, Dekan Fakultas Ekonomi, para Pembantu Dekan UR, para Kepala Biro di UR serta Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional Auditor Perwakilan BPKP Provinsi Riau.
Nota Kesepahaman Kerja Sama  dimaksud untuk memperbaiki Implementasi Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum dengan tujuan meningkatkan akuntabilitas dan kinerja Universitas Riau, sedang ruang lingkup kegiatannya adalah pendampingan implementasi manajemen keuangan, manajemen aset, manajemen kinerja dan  penguatan SPIP.
Dalam sambutannya Pembantu Rektor I UR menyampaikan bahwa penandatanganan Naskah Kerja Sama dengan BPKP ini merupakan moment yang penting dan bersejarah, karena dengan penandatanganan ini diharapkan adanya peningkatan kinerja Universitas Riau. Selain itu, kerja sama ini juga merupakan hal yang sangat diperlukan untuk peningkatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik.
Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polsoskam dalam paparannya menyampaikan tentang bagaimana sistem akuntabilitas keuangan Negara berjalan. Deputi Kepala BPKP menjelaskan bahwa akuntabilitas merupakan kewajiban untuk menjawab atau menjelaskan dari aparatur pemerintahan sebagai pihak yang menerima amanah kepada pemberi amanah atas pelaksaaan amanah yang diterimanya secara obyektif. Selain itu, disampaikan tentang permasalahan dalam penyusunan laporan keuangan Kementerian/Lembaga/Pemda dan potret akuntabilitas pengelolaan keuangan Negara/Daerah serta pentingnya sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP).  [FA]
Humas BPKP Riau